Hardware: Pengertian, Sejarah, Jenis, Contoh, dan Merek Terbaik

Posted on

Keyboard, mouse, dan printer adalah peralatan yang sangat dekat dengan aktivitas kita, khususnya bagi yang bekerja menggunakan komputer. Alat-alat tersebut tersambung pada komputer agar komputer tersebut dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Perangkat-perangkat tersebut merupakan perangkat keras komputer atau dikenal dengan istilah Hardware.

Perangkat ini bekerja sama dengan software untuk menghasilkan informasi atau output lain yang diinginkan oleh user.

Hardware sebagai piranti keras yang mempermudah pekerjaan
Hardware sebagai piranti keras yang mempermudah pekerjaan

1. Pengertian Hardware

Ketika mendengar kata hardware, kita akan teringat pada berbagai alat yang tersambung pada komputer yang dapat dilihat dan dipegang secara fisik.

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, hardware dapat didefinisikan sebagai perangkat keras komputer.

Hardware memegang peranan penting dalam keseluruhan kinerja komputer.

Beberapa ahli juga mengemukakan terkait pengertian dari hardware.

Berikut definisi hardware menurut para ahli.

1.1 R. Wilman dan Riyan

Wilman dan Riyan mengemukakan bahwa pengertian hardware adalah serangkaian piranti elektronik yang ter-compact pada ponsel, yang fungsinya terkait dengan piranti dan menjadi satu bagian yang tak terpisahkan.

1.2 Joko Untoro

Joko Untoro mendefinisikannya sebagai perangkat fisik yang berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.

1.3 Sunarto S.Kom

Menurut Sunarto S. Kom hardware adalah perangkat pendukung pada EDPS (elektronik data processing system) yang bisa disentuh dan dirasakan.

1.4 James O’Brien

James O’Brien menjelaskan tidak hanya secara visual, tetapi mendetil hingga contoh dan fungsinya sehingga definisinya adalah seluruh peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, yang di antaranya yaitu CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain dengan fungsi sebagai media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan, serta memproses paket data sehingga transmisi data menjadi lebih efektif.

1.5 Ali Zaki

Ali Zaki menyatakan perangkat keras dengan sederhana yaitu bagian fisik pada komputer yang termasuk sirkuit digital dalam perangkat komputer.

1.6 Rainer

Rainer juga mengemukakan definisi serta tahapan pemrosesan secara sederhana yaitu perangkat pada komputer yang berbentuk fisik seperti misalnya prosesor, monitor, keyboard, dan printer serta melakukan pekerjaan menerima data atau informasi, memproses, serta menampilkan informasi yang mentah menjadi informasi baru yang lebih berguna.

1.7 Edi Purwono

Edi Purwono dalam bukunya “Aspek-aspek EDP Audit Pengendalian Internal Pada Komputerisasi” menyebutkan pengertian hardware adalah semua perlengkapan fisik yang dapat dilihat yang terdiri dari perangkat masukan dan keluaran komunikasi yang digunakan untuk melaksanakan bermacam-macam fungsi dan seluruh kegiatan pengolahan data.

 

Sehingga secara keseluruhan definisinya adalah perangkat keras komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik yang berfungsi untuk mengolah data yang telah diterima untuk menghaslkan luaran berupa informasi sesuai keinginan user sehingga informasi tersebut dapat dimengerti dengan baik dan jelas.

2. Sejarah dan Perkembangan

Sejarah dan perkembangan hardware komputer tidak terlepas dari peran Alan Turing seorang ahli matematika asal Inggris yang pada tahun 1937 membuat analisis teori untuk pengembangan komputer serbaguna mengingat semakin berkembangnya dan banyaknya kebutuhan masyarakat.