LiFi (Light Fidelity): Pengertian, Perkembangan, Cara Kerja, dan Kelebihan

Inovasi di dunia hingga saat ini terus dikembangkan dan di setiap tahunnya ada kemungkinan penambahan teknologi baru. Salah satu teknologi yang berkembang hingga saat ini adalah internet yang memberikan berbagai macam informasi. Saat ini pula telah berkembang teknologi yang perannya untuk menunjang berjalannya internet. Teknologi tersebut bernama LiFi.

Simak artikel berikut untuk menemukan jawaban atas inovasi terbaik dekade ini!

Teknologi LiFi dapat menggantikan WiFi
Teknologi LiFi dapat menggantikan WiFi

1. Pengertian LiFi

LiFi adalah salah satu teknologi nirkabel yang memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan WiFi yaitu teknologi nirkabel dua arah dengan kecepatan tinggi.

Definisi LiFi (Light Fidelity) merupakan sistem pada teknologi komunikasi nirkabel dua arah yang memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan WiFi.

Teknologi komunikasi nirkabel ini ditemukan pertama kali dari hasil percobaan yang dilakukan oleh University College dan University Oxford dengan menggunakan media cahaya untuk mentransfer data dengan kecepatan yang tinggi (kurang lebih 100 Gbps per detik).

Perbedaannya dengan Wifi adalah teknologi ini tidak menggunakan frekuensi radio konvensional, tetapi menggunakan gelombang cahaya.

2. Perkembangan

Perkembangan teknologi komunikasi beberapa tahun ini telah mengalami peningkatan, salah satunya teknologi LiFi.

LiFi (Light Fidelity) adalah media transmisi data dengan koneksi berbasis cahaya dengan hasil uji lab dapat mengantarkan informasi sebanyak 224 GB/detik atau sebanding dengan mengirimkan 18 film yang memiliki masing-masing ukuran 1.5 GB dalam kurun waktu satu detik saja.

Perkembangan LiFi hingga saat ini masih terdapat beberapa hambatan, salah satunya sinyal yang dimiliki teknologi ini tidak dapat menembus tembok ataupun area yang memiliki sekat.

Seiring dengan tingginya pertumbuhan pasar pada perangkat sensor dan loT, maka semakin tinggin pula data transmisi yang diperlukan.

Namun, hingga saat ini infrastruktur yang dimiliki belum dapat handling kuantitas data yang diperlukan untuk transmisi di perangkat loT.

Light Fidelity mungkin dapat menjadi solusi apabila pengguna dan perancang telah menginginkan pertumbuhan kontinyu pada loT dan Big Data.

Perusahaan pencetus Light Fidelity yang bernama pureLiFi telah memunculkan sistem plug-and-play pada sistem teknologi ini dengan kapasistas 115 MB/detik.

Proyek lain yang dimilikinya masih dalam tahap pengembangan dan uji coba pada rumah sakit dan perkantoran di beberapa daerah di dunia.

3. Cara Kerja LiFi

Cara kerja teknologi ini adalah menggunakan sumber cahaya yang cukup seperti LED (Light Emitting Diodes) ataupun Light Sensor, kemudian ujung perangkat lain akan melakukan deteksi serta mengartikannya sebagai biner yang sama kemudian akan dapat dibaca oleh komputer.

Artinya, teknologi ini dapat bekerja apabila masing-masing perangkat yang dimiliki dapat terhubung dan saling berpasangan untuk melakukan kegiatan seperti menstransmisikan data.

Contoh sederhana kerja Light Fidelity yang dapat kita rasakan saat ini adalah cahaya yang terdapat pada remote TV (cahaya infra-merah) yang mampu melakukan transmisi data lebih dari 1000 bps.

Sedangkan lampu LED (Light Emitting Diodes) yang digunakan saat ini telah mengalami perkembangan dengan kemampuan transmisi data yang stabil dan terlihat seperti cahaya lampu pada umumnya.

4. Perbedaan LiFi dan WiFi

Logo jaringan WiFi
Logo jaringan WiFi

LiFi dan WiFi merupakan dua teknologi nirkabel (tanpa kabel) dua arah yang memiliki kecepatan tinggi.

Namun keduanya memiliki perbedaan pada media penghantarnya yaitu berupa gelombang cahaya dan gelombang radio.

WiFi merupakan pemancar jaringan internet melalui gelombang radio, namun LiFi menggunakan gelombang cahaya untuk media transmisinya.

Teknologi yang dimiliki oleh WiFi memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan Light Fidelity karena kecepatan gelombang cahaya lebih cepat 10.000 kali dibandingkan dengan gelombang radio.

Namun dibalik itu, apabila ia tidak terdapat cahaya yang optimal maka tidak dapat digunakan dan lebih baik menggunakan WFi dengan gelombang radionya.

Selain itu, perbedaan dari keduanya adalah mengenai biaya yang diperlukan untuk menggunakan teknologi tersebut.

Instalasi WiFi memerlukan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan Light Fidelity.

5. Kelebihan LiFi

Berdasarkan uraian di atas mengenai teknologi ini, tentu saja teknologi ini memiliki beberapa kelebihan bagi siapa saja yang menggunakan jasanya.

5.1 Kecepatan Akses

Akses internet dengan menggunakan Light Fidelity dapat menjadi lebih cepat dari media transmisi lainnya, dengan kecepatan transfer mencapai 100 GBps.

5.2 Lebih Aman

Teknologi ini merupakan teknologi yang lebih aman dibandingkan dengan teknologi lain.