RAM: Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi, Cara Kerja, dan Merk

Istilah RAM mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda karena sering sekali ditemui apalagi saat berencana membeli sebuah perangkat gadget atau komputer dan melihat-lihat dulu spesifikasinya, salah satu pertanyaan yang sering ditemui adalah RAM-nya besar atau tidak?

Menurut beberapa orang, jika ukuran RAM semakin besar maka akan semakin cepat pula kinerja sebuah perangkat. Pernyataan itu kira-kira benar atau tidak sih? Kalau ingin tahu tentang RAM lebih lanjut, ada baiknya untuk membaca artikel ini sampai selesai. Yuk!

Contoh RAM DDR 4
Contoh RAM DDR 4

1. Pengertian RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory atau memori akses acak yang berupa perangkat kerasĀ  dalam perangkat komputer dan mempunyai fungsi untuk tempat penyimpanan data sementara serta bermacam perintah program.

Isi dari komponen ini bisa dibuka secara acak atau tidak bergantung pada setelan tata letaknya (berbeda dengan hard disk atau hard drive).

Data di dalamnya bisa saja hilang saat komputer dimatikan atau daya listrik ke power supply dilepas dari perangkat.

Kapasitas RAM yang ada di dalam komputer sangat mempengaruhi cepat atau tidaknya proses data sehingga proses untuk membuka data, menyimpan data, dan menjalankan program akan semakin cepat jika kapasitas RAM juga besar.

2. Sejarah dan Perkembangan RAM

Hampir semua hal pasti mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu tidak terkecuali perangkat keras satu ini.

Elemen ini mengalami perkembangan baik dalam bentuk, kapasitas, dan kecepatan.

Berikut adalah sejarah singkat RAM:

Tahun 1834, Charles Babbage mengembangkan pemikiran Anlytical Engine yang mana itu merupakan cikal bakal komputer. Perangkat ini hanya bisa memakai memori baca berupa punch card.

Tahun 1932, Gustav Tauschek membuat memori yang sederhana di Australia.

Tahun 1936, Konrad Zuze mematenkan memori mekanik yang digunakan dalam komputer. Memori ini berdasarkan pada sliding bagian logam.

Tahun 1939, Helmut Schreyer membuat memori prototype dengan memakai lampu neon.

Tahun 1942, the Atanasoff Berry Computer mempunyai 60 bit kata-kata 50 memori berupa kapasitor dan dipasang pada dua drum bergulis.

Tahun 1947, Frederick Viehe Los Angeles mematenkan penemuan dengan menggunakan memori inti magentik.

Tahun 1968, RAM yang ditemukan Robert Dennard kemudian dibuat secara besar-besaran oleh perusahaan Intel.

Tahun 1970, IBM membuat memori yang bernama DRAM atau Dynamic Random Acces Memory.

Tahun 1987, ditemukan FPM DRAM atau Fast Page Mode DRAM yang sejak pertama kali diluncurkan langsung menguasai pasar memori.

Tahun 1995, diciptakan penyempurnaan dari FPM DRAM yaitu EDO RAM atau Extended Data Output RAM.

Tahun 1996 sampai 1997, Kingston membuat sebuah modul memori yang bisa bekerja dengan kecepatan bus sama dengan frekuensi pada processor.

Tahun 1998, Intel menciptakan standar baru untuk jenis memori guna mengimbangi sistem chipset i440BX.

Tahun 1999, Rambus membuat sebuah sistem memori yang menggunakan arsitektur baru dan revolusioner, serta komponen baru ini sangatlah berbeda dengan arsitektur memori SDRAM yang diberi nama DR DRAM atau Direct Rambus DRAM.

Masih di tahun 1999, Rambus juga mengembangkan jenis memori lain yang mempunyai kemampuan sama dengan DR DRAM dan diberi nama RDRAM.

Tahun 2000, Crucial mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat lebih kencang yaitu DDR SDRAM. Kemudian juga dibuatlah DDR RAM yang berguna untuk meningkatkan bus ke 133 Mhz. DDR RAM ini terus dikembangkan hingga saat ini sudah ada DDR4 RAM.

3. Jenis-jenis RAM

Tedapat beberapa jenis perangkat keras memori akses acak, antara lain:

3.1 RAM Statis

Static Random Access Memory (SRAM) adalah semacam memori semikonduktor yang tidak membutuhkan kapasitor dan tidak juga membutuhkan penyegaran secara berkala sehingga kinerjanya bisa semakin cepat. Hal tersebut dikarenakan komponen ini hanya memakai transistor.

3.2 RAM Dinamis

Dinamic Random Access Memory (DRAM) adalah memori semikonduktor yang membutuhkan kapasitor untuk tumpuan guna menyegarkan data di dalamnya. Jenis ini lebih cepat daripada EDO RAM tapi lebih rendah daripada SRAM.

3.3 DDR

DDR atau Double Data Rate adalah jenis RAM yang mempunyai teknologi lanjutan dari SDRAM. DDR juga mempunyai generasi teranyar yaitu DDR2, DDR3, dan DDR4.

3.4 SDRAM

SDRAM atau Synchronous Dynamic Random Acces Memory adalah jenis memori dinamis yang dipakai dari tahun 1996 sampai 2003. SDRAM juga merupakan memori komputer golongan solid state.

3.5 XDR DRAM

XDR DRAM atau Extreme Data Rate Dynamic Random Access Memory adalah penerus dari RDRAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory.

3.6 VRAM

Video Random Access Memory adalah salah satu elemen yang terpasang di video card dan berfungsi seperti RAM biasanya, tapi yang membuatnya beda adalah jika RAM untuk menyimpan data yang berasal dari CPU atau Central Processing Unit maka VRAM ini difungsikan untuk menyimpan data dari GPU atau Graphical Processing Unit.