Fiber Optik (Serat Optik): Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Komponen

Diposting pada

Komunikasi menjadi salah satu dasar dari kebutuhan manusia. Seiring berjalannya waktu teknologi komunikasi pun menjadi sangat berkembang pesat, sampai saat ini kita dapat mengirimkan data secara cepat dari satu negara ke negara lainnya dengan bantuan kabel serat optik atau fiber optik.

Artikel ini akan membahas secara lengkap dan mendalam mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan fiber optik.

1. Pengertian Fiber Optik

Ilustrasi kabel serat optik
Ilustrasi kabel serat optik

Fiber Optik (FO) adalah sebuah media yang menggunakan pandu gelombang cahaya yang ditransmisikan pada ruangan kaca berbentuk silinder.

Teknologi ini dikembangkan pada akhir tahun 1960 sebagai solusi untuk pengembangan sistem komunikasi yang semakin lama membutuhkan bandwidth yang semakin besar dengan laju kecepatan yang semakin tinggi.

Fiber optik dibuat dengan bahan yang berbentuk seperti kaca, meskipun terdapat komponen-komponen pendukung lainnya yang berbahan bukan dari kaca.

Dalam pipa fiber ini cahaya yang mengidentifikasikan data-data digital ditransmisikan dari satu tempat ke tempat lainnya sehingga tercipta komunikasi data yang cepat.

Komunikasi data yang cepat ini akibat dari sifat dari cahaya itu sendiri yang memiliki kecepatan lebih tinggi daripada kecepatan gelombang radio.

Dalam penyebutannya fiber optik juga dikenal dengan istilah serat optik.

Berikut beberapa pengertian fiber optik menurut para ahli telekomunikasi.

1.1 Agrawal

Menurut Agrawal (2002) serat optik adalah untaian tipis berbahan kaca ataupun plastik yang menghubungkan sumber cahaya ke tujuannya (transmitter ke receiver).

Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser, lampu LED, atau gelombang elektromagnetik lainnya yang memungkinkan.

1.2 La Ode Muliadi

Serat optik adalah pemandu gelombang optikal dalam tabung pejal yang sangat kecil yang dibuat menyerupai kabel, di mana terdapat satu atau lebih tabung serat kaca yang digunakan untuk menghantarkan cahaya.

Komponen utama kabel ini adalah inti fiber (core), kulit (cladding), dan mantel (coating/buffer).

Inti fiber adalah batang silinder yang terbuat dari bahan dielektrik, biasanya diberi doping dengan germanium oksida atau posfor penta oksida untuk menaikan indeks biasnya.

Pada bagian inti fiber biasanya memiliki indeks bias lebih besar sekitar 1.523 daripada indeks bias cladding.

Cladding berfungsi untuk mengurangi loss pada bagian inti dan melindungi bagian inti dari berbagai gangguan.

1.3 M Azadeh

Serat optik adalah salah satu media transmisi terbarukan yang dapat menyampaikan informasi dalam jumlah yang besar secara cepat.

Serat optik menggunakan cahaya untuk mengirimkan informasi atau data.

Cahaya yang ditransmisikan merupakan gelombang elektromagnetik terpandu yang disebut moda.

1.4 Yu Q dan X Zhou

Serat optik merupakan media transmisi yang dapat menyalurkan cahaya dan memiliki berbagai keunggulan berikut:

  1. Tahan terhadap inferensi gelombang elektromagnetik
  2. Memiliki sensitivitas tinggi
  3. Tahan terhadap korosi dan suhu tinggi
  4. Strukturnya sederhana

1.5 Harold Kolimbris

Serat optik adalah pemandu gelombang optik yang dibuat menyerupai kabel, di mana terdapat satu atau lebih serat kaca yang digunakan untuk mentransmisikan gelombang cahaya dari satu tempat ke tempat lain.