Internet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak

Internet tidak pernah lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari penjual makanan, anak-anak sekolah hingga ibu-ibu rumah tangga, semuanya melakukan interaksi dengan internet untuk memenuhi serta memudahkan semua kegiatan.

Salah satu pengguna internet mengatakan bahwa, “Tidak ada informasi yang tidak bisa didapatkan dari internet, internet telah menyediakan segala informasi yang manusia butuhkan.”

Berikut ini informasi lengkap tentang internet!

Internet sebagai Kebutuhan Utama Manusia Saat Ini
Internet sebagai Kebutuhan Utama Manusia Saat Ini

1. Pengertian Internet

Sebelumnya terdapat beberapa sistem komunikasi yang muncul sebelum internet, salah satunya telegraf. Telegraf hadir di abad ke-19 yang memiliki konsep dalam pengiriman data melalui medium elektromagnetik seperti kabel atau radio. Telegraf bisa dikatakan penuh batasan karena hanya dapat menghubungkan dua perangkat saja.

Seiring berkembangnya teknologi, internet (interconnection-networking) muncul. Seluruh jaringan komputer saling terhubung menjadi internet dengan menggunakan standar sistem global yang disebut TCP/ IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

Menurut KBBI, internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Menurut Lani Sidharta, internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberi layanan informasi secara lengkap. Ahli lainnya, Yao Tung berpendapat bahwa internet adalah jaringan satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.

Ahmadi dan Hermawan berpendapat bahwa internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda sistem operasi dan mesin.

2. Sejarah Internet

Para peneliti di Universitas California (UCLA), Los Angeles membentuk suatu proyek pada Oktober 1969 yang dinamai Login. Proyek tersebut menjelaskan proses pengiriman berupa kode biner pada dua komputer. Kata “Log” dikirimkan oleh komputer pertama, sedangkan komputer kedua mengirimkan kata “In”.

Kesuksesan proyek Login menjadi awal pembentukan sejarah Advance Research Project Agency Network (ARPANET) yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan militer.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat sendiri menciptakan suatu jaringan komputer tersebar saat itu serta menghubungkan berbagai daerah yang vital. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari informasi yang terpusat dan masalah saat serangan nuklir, sebab jika semua informasi terpusat pada satu titik maka sangat mudah untuk dihancurkan.

ARPANET menghubungkan komputer di institusi pendidikan terkemuka di Amerika, yaitu Standford Research Institute, University of California (UCLA), St. Barbara, dan University of Utah. Jaringan ARPANET terus berkembang, pada tahun 1981 berhasil menghubungkan sebanyak 231 komputer.

Tak lama setelah itu, seluruh daerah dan universitas di Amerika ingin bergabung dan membuatnya sehingga ARPANET kesulitan untuk mengelolanya. Oleh sebab itu, ARPANET akhirnya dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru untuk keperluar di luar militer seperti universitas.

Simbol “@” digunakan dalam jaringan ARPANET untuk pengiriman surat elektronik. Simbol ini berfungsi memisahkan nama penggunanya dengan jaringan yang sedang digunakan saat itu. Pada tahun 1973 Ratu Inggris mengirim email melalui jaringan ARPANET. Istilah internet muncul pada tahun 1976 saat mahasiswa Imperial College London sukses dengan uji cobanya terkait jaringan ini.

World Wide Web (www) diciptakan oleh Berners-Lee yang merupakan seorang ahli fisika dan timnya yang bekerja di CERN, suatu organisasi Eropa untuk melakukan riset nuklir. Fungsi “www” adalah untuk penelusuran situs website yang saat ini sering digunakan oleh publik.

Robert Cailliau yang berasal dari Belgia membantu melengkapi ide yang dicetuskan oleh Berners-Lee dan timnya dengan membuat HTML dan HTTP. HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa markup yang digunakan untuk menyusun halaman suatu website sehingga menampilkan tampilan tertentu, sedangkan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) berfungsi dalam proses transfer dokumen, gambar serta video antar komputer.

Tahun 2000 merupakan puncak perkembangannya. Media sosial seperti My Space dan Skype muncul pada tahun 2003. Tak henti sampai di situ, di tahun yang sama website besar seperti Safari Web Browser dan WordPress pun muncul. Setelah itu, disusul dengan kehadiran Facebook dan Mozilla Firefox yang muncul pada tahun 2004.

Sosial media terus berkembang dan memunculkan platform baru di antaranya YouTube, Reddit, Twitter, WhatsApp, Path, Instagram dan lain-lain. Tahun 2007 Apple mengeluarkan teknologi sistem operasi iPhone. Peluncuran iPhone menjadi awal tren ponsel pintar yang saat ini marak di kalangan masyarakat. Steve Jobs (pendiri Apple) mengatakan, “Apple menemukan kembali arti sebuah telepon.”