Internet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak

Diposting pada

Internet tidak pernah lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari penjual makanan, anak-anak sekolah hingga ibu-ibu rumah tangga, semuanya melakukan interaksi dengan internet untuk memenuhi serta memudahkan semua kegiatan.

Salah satu pengguna internet mengatakan bahwa, “Tidak ada informasi yang tidak bisa didapatkan dari internet, internet telah menyediakan segala informasi yang manusia butuhkan.”

Berikut ini informasi lengkap tentang internet!

Internet sebagai Kebutuhan Utama Manusia Saat Ini
Internet sebagai Kebutuhan Utama Manusia Saat Ini

1. Pengertian Internet

Sebelumnya terdapat beberapa sistem komunikasi yang muncul sebelum internet, salah satunya telegraf. Telegraf hadir di abad ke-19 yang memiliki konsep dalam pengiriman data melalui medium elektromagnetik seperti kabel atau radio. Telegraf bisa dikatakan penuh batasan karena hanya dapat menghubungkan dua perangkat saja.

Seiring berkembangnya teknologi, internet (interconnection-networking) muncul. Seluruh jaringan komputer saling terhubung menjadi internet dengan menggunakan standar sistem global yang disebut TCP/ IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

Menurut KBBI, internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Menurut Lani Sidharta, internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberi layanan informasi secara lengkap. Ahli lainnya, Yao Tung berpendapat bahwa internet adalah jaringan satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.

Ahmadi dan Hermawan berpendapat bahwa internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda sistem operasi dan mesin.

2. Sejarah Internet

Para peneliti di Universitas California (UCLA), Los Angeles membentuk suatu proyek pada Oktober 1969 yang dinamai Login. Proyek tersebut menjelaskan proses pengiriman berupa kode biner pada dua komputer. Kata “Log” dikirimkan oleh komputer pertama, sedangkan komputer kedua mengirimkan kata “In”.

Kesuksesan proyek Login menjadi awal pembentukan sejarah Advance Research Project Agency Network (ARPANET) yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan militer.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat sendiri menciptakan suatu jaringan komputer tersebar saat itu serta menghubungkan berbagai daerah yang vital. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari informasi yang terpusat dan masalah saat serangan nuklir, sebab jika semua informasi terpusat pada satu titik maka sangat mudah untuk dihancurkan.

ARPANET menghubungkan komputer di institusi pendidikan terkemuka di Amerika, yaitu Standford Research Institute, University of California (UCLA), St. Barbara, dan University of Utah. Jaringan ARPANET terus berkembang, pada tahun 1981 berhasil menghubungkan sebanyak 231 komputer.

Tak lama setelah itu, seluruh daerah dan universitas di Amerika ingin bergabung dan membuatnya sehingga ARPANET kesulitan untuk mengelolanya. Oleh sebab itu, ARPANET akhirnya dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru untuk keperluar di luar militer seperti universitas.

Simbol “@” digunakan dalam jaringan ARPANET untuk pengiriman surat elektronik. Simbol ini berfungsi memisahkan nama penggunanya dengan jaringan yang sedang digunakan saat itu. Pada tahun 1973 Ratu Inggris mengirim email melalui jaringan ARPANET. Istilah internet muncul pada tahun 1976 saat mahasiswa Imperial College London sukses dengan uji cobanya terkait jaringan ini.

World Wide Web (www) diciptakan oleh Berners-Lee yang merupakan seorang ahli fisika dan timnya yang bekerja di CERN, suatu organisasi Eropa untuk melakukan riset nuklir. Fungsi “www” adalah untuk penelusuran situs website yang saat ini sering digunakan oleh publik.

Robert Cailliau yang berasal dari Belgia membantu melengkapi ide yang dicetuskan oleh Berners-Lee dan timnya dengan membuat HTML dan HTTP. HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa markup yang digunakan untuk menyusun halaman suatu website sehingga menampilkan tampilan tertentu, sedangkan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) berfungsi dalam proses transfer dokumen, gambar serta video antar komputer.

Tahun 2000 merupakan puncak perkembangannya. Media sosial seperti My Space dan Skype muncul pada tahun 2003. Tak henti sampai di situ, di tahun yang sama website besar seperti Safari Web Browser dan WordPress pun muncul. Setelah itu, disusul dengan kehadiran Facebook dan Mozilla Firefox yang muncul pada tahun 2004.

Sosial media terus berkembang dan memunculkan platform baru di antaranya YouTube, Reddit, Twitter, WhatsApp, Path, Instagram dan lain-lain. Tahun 2007 Apple mengeluarkan teknologi sistem operasi iPhone. Peluncuran iPhone menjadi awal tren ponsel pintar yang saat ini marak di kalangan masyarakat. Steve Jobs (pendiri Apple) mengatakan, “Apple menemukan kembali arti sebuah telepon.”

3. Fungsi Internet

Kehadiran internet tentu sulit dipisahkan di era globalisasi ini. Peristiwa yang terjadi di suatu negara bisa sangat mudah diketahui oleh orang-orang di negara lain dengan cepat berkat adanya jaringan komunikasi ini. Oleh karena itu, jaringan komunikasi ini berperan penting dalam mengakses berita terkini.

Kegunaan Internet berperan sangat penting dalam mencari juga berbagi berbagai sumber daya. Para penggunanya bisa dengan sangat mudah mendapatkan buku, jurnal, hasil penelitian, foto, video, desain, dan lain-lain. Bahkan, para penggunanya tidak perlu beranjak dari tempat duduknya untuk mendapatkan semua sumber daya yang dibutuhkan.

Media komunikasi yang bisa dipakai saat ini semakin beragam dengan adanya internet, beragam media sosial, dan aplikasi chatting semakin memfasilitasi para penggunanya. Jarak ribuan mile terasa tak berarti dengan hadirnya kemudahan komunikasi dengan internet.

Akses informasi juga semakin cepat dengan adanya internet. Para pengguna tidak perlu repot pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi tertentu. Segala macam informasi yang dibutuhkan bisa dibaca melalui buku digital atau yang disebut dengan e-book.

Selain memberikan manfaat dalam penyebaran informasi dan media komunikasi, keberadaannya  juga bermanfaat dalam kegiatan jual beli. Proses jual beli menjadi lebih mudah dan murah. Oleh karena itu, kehadirannya membuat bisnis e-commerce berkembang dengan begitu pesat.

Internet juga menjadi sumber hiburan bagi penggunanya. Berbagai macam hiburan bisa dengan mudah didapatkan mulai dari mulai mendengarkan musik, menonton film, dan drama, hingga menonton konser bisa dilakukan dengan mudah. Hanya diperlukan aksesnya yang stabil untuk menikmati berbagai macam hiburan tersebut.

Era digital seperti sekarang ini, internet juga menjadi peluang untuk meraup rezeki. Pundi-pundi rupiah bisa dikumpulkan dengan mengunggah berbagai macam video menarik. Pekerjaan dengan memanfaatkan fasilitasnya yang tidak bisa dianggap remeh di antaranya adalah food blogger, beauty blogger, YouTuber hingga para penyanyi yang meng-cover lagu-lagu yang sedang viral di kalangan para pendengar.

4. Fasilitas yang Tersedia

Internet menyediakan berbagai macam fasiltas untuk penggunanya, di antaranya e-mail, FTP, mailing list, BBS, newsgroup, telnet, video streaming, dan audio streaming.

4.1 E-mail

E-mail merupakan surat elektronik yang bisa dikirim melalui komputer, laptop maupun piranti elektonik lainnya. Tidak hanya pesan yang bisa dikirim melalui email, melainkan foto, video hingga berbagai macam dokumen.

Email bisa dikirim dari satu orang ke beberapa orang sekaligus, tentu fasilitas ini sangat efisien digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 FTP (File Transfer Protocol)

FTP merupakan fasilitas lain di internet untuk mengirimkan berbagai macam berkas antar komputer. FTP dibagi menjadi dua, yaitu FTP Server yang berfungsi memberi layanan tukar menukar file dan FTP Client yang berfungsi mengirimkan permintaan (request) kepada FTP Server.

Apabila FTP Client telah terhubung dengan FTP Server, maka FTP Client dapat mengunduh, mengunggah, mengganti nama serta menghapus berkas sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP Server.

4.3 Mailing List

Mailing List atau lebih dikenal dengan nama Milis merupakan group discussion yang ada pada internet. Sebelum menikmati fasilitas Milis, pengguna harus mengirimkan e-mail kepada subscription address yang kemudian menunggu persetujuan terlebih dahulu dari moderator Milis. Kegiatan yang biasa dilakukan dengan fasilitas ini adalah bertukar informasi dan pendapat.

4.4 Bulletin Board System (BBS)

Bulletin Board System merupakan pusat layanan informasi yang menyediakan informasi terkait bidang tertentu. Melalui fasilitas ini, para pengguna bisa saling bertukar informasi tentang topik tertentu. Selain itu, para pengguna BBS bisa mengunggah serta mengunduh berita dari sesama pengguna dengan sangat mudah.

4.5 Newsgroup

Sama dengan milis, newsgroup merupakan fasilitas discussion group yang terdapat di internet. Diperlukan suatu jaringan komputer yang khusus untuk mengakses newsgroup atau yang disebut dengan UseNet.

Setiap newsgroup disusun berdasarkan satu topik yang bersifat umum, kemudian dibagi menjadi beberapa sub topik yang bersifat lebih spesifik.

4.6 Telnet

Fasilitas internet yang lain adalah telnet (telecommunication network) adalah suatu protokol jaringan untuk mengakses (login) komputer jarak jauh dalam sebuah jaringan. Cara kerja telnet hampir sama dengan FTP, yaitu memiliki client dan server.

Server memiliki tugas menghubungkan Transfer Control Protocol (TCP) dengan server yang tersedia, sedangkan client memiliki tugas untuk memberikan infornasu ke software bahwa jaringan komputer pengguna sudah siap digunakan.

4.7 Video Streaming

Video streaming merupakan fasilitas yang dapat dinikmati di internet untuk melihat suatu video melalui browser. Video streaming memungkinkan adanya pengiriman gambar secara berkelanjutan tanpa menunggu video tersebut tersampaikan secara keseluruhan. Gambar yang dikirimkan disiarkan langsung melalui website ini disebut sebagai live streaming.

4.8 Audio Streaming

Selain video streaming, fasilitas lain yang ada di internet adalah audio streaming yang digunakan untuk mendengarkan siaran audio secara langsung. Aplikasi audio streaming yang kini sangat digandrungi di antaranya adalah Spotify, Joox dan iHeart. Aplikasi ini sangat memungkinkan pengguna mendengarkan musik atau rekaman audio kesukaannya di mana pun mereka berada.

5. Dampak Internet

Ilustrasi Dampak Buruk Internet bagi Manusia
Ilustrasi Dampak Buruk Internet bagi Manusia

Pengunaan internet tentu memiliki dampak yang berbeda bagi penggunanya, baik positif maupun negatif.

Dampak positif penggunaan internet di antaranya:

  • Menambah wawasan dan pengetahuan
  • Media untuk memperkenalkan diri pada dunia luar
  • Mempererat komunikasi jarak jauh
  • Mempercepat arus komunikasi
  • Memudahkan dalam mencari lowongan pekerjaan
  • Menambah relasi juga teman
  • Menjadi media yang baik untuk berbisnis

Dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunaan internet di antaranya:

  • Mudah tersebarnya berita bohong (hoax)
  • Menjadi tempat menyampaikan ujaran kebencian bahkan kepada seseorang yang sama sekali tidak dikenal
  • Menjadi media untuk melakukan penipuan
  • Tersebarnya data pribadi secara mudah sehingga memicu penyalahgunaan data dan menyebabkan kerugian secara finansial
  • Penggunaan internet yang tidak bijak dapat menimbulkan perpecahan di antara masyarakat misal dengan menyebarkan informasi yang berbau SARA
  • Pelanggaran hak cipta atas karya yang orang lain telah ciptakan karena merasa bahwa segala sesuatu yang ada di internet bisa didapatkan secara cuma-cuma.
  • Penggunaan internet yang berlebihan dapat memicu gangguan kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental yang dapat timbul akibat penggunaan internet yang berlebihan di antaranya kecanduan media sosial, merasa tidak puas dengan kehidupan yang sedang dijalani, merasa bahwa kehidupan yang orang lain miliki jauh lebih menyenangkan, bahkan dapat memicu depresi. Gangguan ini tidak hanya berpotensi bagi orang dewasa, namun juga bagi remaja dan anak-anak.

Dampak negatif dan bahaya dari penggunaan internet adalah hal yang sulit dihilangkan. Namun tentu, dampak negatif dan bahaya dari penggunaan internet bisa dihindari. Hal yang bisa dilakukan untuk menghindarinya adalah manajemen waktu dalam menggunakan internet. Selain itu, berhati-hati dalam menyebarluaskan informasi terutama informasi yang mengandung data yang bersifat sangat pribadi.

6. ISP (Internet Service Provider)

Penyedia Jasa Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) memegang peran penting dalam menyediakan sambungan jaringan ini. Jaringan yang disediakan oleh ISP meliputi jaringan domestik maupun internasional sehingga ISP dapat terhubung ke jaringan global. Beberapa ISP jaringan seluler di antaranya Telkomsel, Indosat, Telkom, dan Smartfren.

6.1 Telkomsel Internet

PT Telekomunikasi Seluler adalah salah satu ISP yang beroperasi di Indonesia. Telkomsel pertama kali diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995 di Jakarta. Hingga bulan September 2008, perusahaan ini memiliki lebih dari 122.000.000 pelanggan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

6.2 Indosat Ooredoo

PT Indosat, Tbk merupakan penyedia jasa telekomunikasi yang lain. Saluran komunikasi yang ditawarkan perusahaan ini terdiri dari IM3 Ooredoo (untuk pilihan prabayar maupun pascabayar) dan termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct Dialling). Pangsa pasar yang dikuasai oleh perusahaan ini pada tahun 2011 mencapai 21% dari pangsa pasar total.

6.3 Telkom

Telkom atau Telkom Indonesia (PT Telekomunikasi Indonesia) adalah perusahaan penyedia jasa informasi dan komunikasi yang lengkap di Indonesia. Perusahaan ini merupakan BUMN yang sebesar sahamnya 52.09% milik Pemerintah Indonesia. Jumlah pelanggan telepon tetap perusahaan ini mencapai 15.000.000 dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104.000.000.

6.4 Smartfren

PT Smartfren Telecom, Tbk merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia yang didirikan pada tahun 2015. Perusahaan pelopor layanan 4G LTE Advance komersial di Indonesia.

Selain itu, perusahaan ini penyedia layanan Voice over LTE (VoLTE) pertama di Indonesia secara komersil.

7. Internet Positif

Internet dan Emosi Manusia
Internet dan Emosi Manusia

Istilah ini merujuk pada proses pemblokiran terhadap website yang dianggap tak layak ditampilkan oleh Pemerintah Indonesia. Bentuk nyata dari kegiatan ini adalah berupa halaman peringatan yang muncul saat pengguna yang menggunakan akses jaringan dari Telkom atau Telkomsel membuka website yang dinilai illegal atau mengandung konten yang tak layak untuk ditampilkan kepada pengguna.

Kominfo mengungkapkan tiga aspek tujuan Internet Positif yaitu:

  • Kegiatan berselancar yang aman, perlindungan dan penghematan
  • Perlindungan pada masyarakat terhadap nilai-nilai etika, moral, dan kaidah-kaidah yang tidak sesuai dengan citra Bangsa Indonesia
  • Penghematan terhadap pemborosan penggunaan akses internet (internet utilization) di Indonesia

Internet Positif tak terlepas dari istilah Trust+Positif yang disampaikan oleh Tifatul Sembiring selaku Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) pada bulan Juli 2014 lalu. Trust+Positif merupakan suatu cara untuk mengatasi situ-situs yang tidak layak untuk ditampilkan dan mengandung unsur negatif. Hingga tahun 2017, termuat 800.000 black list yang termasuk dalam data base Trust+Positif.

Pengetahuan tentang Internet Positif maupun Trust+Positif sangat dibutuhkan sebagai pengguna yang baik. Adanya pengetahuan tentang ini memberi batasan dan kendali terhadap situs yang diakses, terutama akses yang dilakukan oleh anak-anak. Sebelum memblokir suatu website, tentu pemerintah telah melakukan kajian dan pertimbangan terkait dampak positif dan negatif dari suatu website.

8. Dark Web

Ilustrasi Dark Web
Ilustrasi Dark Web

Apa itu Dark Web? Dark web atau disebut juga dark net merujuk pada bagian tersembunyi dari internet. Situs ini hanya sekian persen dari seluruh konten website yang ada di internet dan dirancang untuk menjadi pusat kegiatan illegal seperti pornografi, perjudian, jual beli obat-obat terlarang, jual beli senjata api hingga terorisme.

Dibutuhkan Tor (The Onion Router) Browser dan VPN untuk dapat mengakses website ini. Tor ini menjadi semacam pelindung untuk menyembunyikan identitas dan lokasi pengguna sehingga tidak terdeteksi. Banyak orang yang mengira bahwa deep web sama dengan dark web. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

Perbedaan antara deep web dan dark web di antaranya:

  • Deep web merujuk pada situs website yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari sedangkan dark web dirancang dengan enkripsi tertentu yang sengaja disembunyikan
  • Pengguna deep web tidak memerlukan aplikasi tambahan seperti VPN untuk mengakses deep web sedangkan pengguna dark web membutuhkan Tor Browser dan VPN untuk akses dark web
  • Jutaan halaman deep web bisa diakses dengan aman setiap hari sedangkan laman dark web cukup berbahaya untuk diakses
  • Jumlah deep web merupakan bagian terbesar dari internet sedangkan jumlah dark web merupakan bagian kecil dari deep web
  • Konten deep web bersifat legal sedangkan konten dark web bersifat illegal

9. Intranet

Pengertian Intranet adalah private network (versi pribadi dari jaringan internet) yang digunakan untuk membagi informasi yang bersifat rahasia bagi perusahaan kepada karyawannya. Tak jarang, intranet berkaitan dengan situs website internal sebuah perusahaan.

Beberapa komponen yang diperlukan untuk menyusun sebuah intranet di antaranya protokol internet (alamat IP, Protokol TCP/ IP, dan protokol lainnya), client, dan server.

Awal pengenalan intranet diketahui pada tahun 1995 oleh penjual produk internet. Produk ini merujuk pada kebutuhan informasi dalam bentuk website di dalam suatu perusahaan. Saat ini, tidak hanya perusahaan yang menggunakan intranet, namun beberapa sekolah juga sudah menerapkan teknologi intranet.

Intranet bisa digunakan untuk membantu berbagai kegiatan seperti memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi, manajemen proyek, manajemen hubungan dengan pelanggan dan manajemen proyek.

Manfaat intranet untuk sekolah di antaranya membantu dalam membuat pengajaran dan pembelajaran di sekolah, membantu dalam pengembangan kurikulum, serta membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan secara cepat.

Beberapa perbedaan dengan internet di antaranya:

  • Internet bersifat publik sementara intranet bersifat pribadi
  • Internet memiliki jaringan luas sedangkan intranet memiliki jaringan sempit
  • Infomasi di dalam internet bisa diakses semua orang sedangkan informasi dalam intranet hanya dapat diakses oleh user dalam ruang lingkup tertentu
  • Internet berisi seluruh jenis file sedangkan intranet biasanya diatur untuk beberapa jenis konten saja
  • Internet dapat diakses kapan di mana saja sedangkan intranet hanya dapat diakses pada lokasi tertentu saja

Itulah beberapa informasi penting terkait internet. Semoga wawasan yang Anda dapatkan dari artikel ini dapat Anda bagikan ke orang lain. Terimakasih sudah membaca!

 

Editor:

Mega Dinda Larasati