Spreadsheet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Contoh Aplikasi

Diposting pada

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan untuk saat ini.

Hal tersebut karena Microsoft Excel mempunyai banyak fitur yang dapat digunakan, sehingga lebih menarik bagi para pengguna.

Kelebihan Microsoft Excel dibanding aplikasi spreadsheet lainnya adalah tampilan yang sederhana, memiliki jumlah kolom dan baris yang banyak yaitu 1.084.576 baris dan 16.384 kolom, formula yang jumlahnya banyak, bahkan saat ini Microsoft Excel sudah merambah ke dunia smartphone.

4.2 Lotus 123

Lotus 123 merupakan aplikasi besutan IBM yang dikeluarkan bersama paket lainnya yang bernama Lotus SmartSuite.

Sistem operasi DOS merupakan sistem operasi yang menaungi aplikasi ini, namun seiring perkembangannya aplikasi Lotus 123 dapat digunakan untuk sistem operasi Windows.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki fungsi yang kompatibel dengan Microsoft Excel, memiliki fungsi SmartLabel yang memudahkan penggunaan rumus serta memiliki jumlah baris sebanyak 65.536 baris.

4.3 Abacus

Aplikasi Abacus bermula dari mahasiswa Universitas IST Portugal yang sedang melakukan proyek yang dibimbing oleh Prof. Arlindo Oliveira.

Aplikasi ini memiliki ruang penyimpanan yang sangat kecil dan mudah untuk digunakan.

4.4 Gnome Office – Gnumeric

Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang berasal dari perusahaan Gnome Office.

Aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform.

Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah tampilannya yang sederhana sehingga akan membuat memudahkan penggunanya.

4.5 Open Office Calc

Aplikasi ini sama seperti aplikasi pengolah angka lainnya yaitu bersifat open source yang artinya aplikasi ini dapat dipakai dan dikembangkan oleh siapa saja.

Open Office Calc memiliki tampilan awal 3 sheet di dalamnya untuk melakukan pengolahan data.

4.6 Google Spreadsheet

Google spreadsheet berada di bawah naungan Google Document.

Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yaitu dapat digunakan di mana saja karena penyimpanannya melalui google.

Syarat Anda dapat melakukan pekerjaan menggunakan google spreadsheet adalah memiliki koneksi internet.

Kelebihan lainnya yaitu disimpan secara otomatis bahkan semua orang dapat mengedit dokumen tersebut secara bersamaan, jadi akan lebih memudahkan pekerjaan apalagi pekerjaan di sebuah perusahaan.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat mengedit sebuah dokumen ketika tidak ada koneksi internet.

Google spreadsheet bekerja secara online.

4.7 Kspread

Kspread merupakan aplikasi yang bersifat open source dan multiform, aplikasi ini termasuk ke dalam bagian KOffice yang dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) untuk sistem operasi Windows dan Linux.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mempunyai lebih dari 100 fungsi kalkulasi, terdapat validasi data, pengaturan baris dan kolom, dan lain-lain.

4.8 StarCalc

Starcalc atau StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka di dalam Star Office yang sekarang telah berganti nama menjadi Open Office.