Software: Pengertian, Sejarah, Jenis, Klasifikasi, Lisensi, dan Contoh

Mendengar kata komputer, tentu bukanlah hal asing lagi di telinga masyarakat. Berbicara tentang komputer tentu tidak akan terlepas dari yang namanya software atau perangkat lunak.

Windows, Microsoft, dan Android sangat erat hubungannya dengan komputer.

Ketiga istilah tersebut dikenal dengan istilah software atau dalam bahasa Indonesia disebut perangkat lunak.

Ada pula yang menyebutkannya sebagai “nyawa” dari komputer karena tanpa adanya perangkat ini, komputer hanyalah sebuah perangkat keras yang tidak dapat melakukan operasi kerja apapun.

Berikut akan dijelaskan secara lengkap dan mendalam mengenai perangkat lunak.

Software sebagai komponen penting pada komputer dan gadget
Software sebagai komponen penting pada komputer dan gadget

1. Pengertian Software

Jika hardware merupakan perangkat keras pada komputer yang dapat dilihat dan dirasakan secara fisik, berbeda dengan software.

Secara sederhana, software adalah perangkat lunak yang terpasang pada komputer.

Software dan hardware saling bekerjasama untuk menghasilkan luaran yang diinginkan oleh penggunanya.

Beberapa ahli juga mengemukakan terkait pengertian dari software.

1.1 Pengertian Software menurut Para Ahli

Berikut beberapa definisi software menurut para ahli.

A. Wilman dan Riyan

Menurut Wilman dan Riyan, perangkat lunak yaitu perangkat operasi kerja untuk menjalankan berbagai komponen hardware.

Perangkat ini tidak dapat terlihat secara fisik sehingga bersifat maya, tetapi pengguna dapat merasakan manfaatnya.

B. Roger S Pressman

Roger S Pressman juga menjabarkannya melalui buku yang sudah diterjemahkan yaitu “Rekayasa Perangkat Lunak”.

Menurutnya software adalah sebuah perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh penggunanya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh penggunanya sehingga komputer dapat bekerja dengan optimal.

C. Imam Prayogo Pujiono

Imam Prayogo Pujiono mendefinisikannya sebagai program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang seandainya dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/hardware/software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

D. Melwin S

Menurut Melwin S, perangkat lunak adalah adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh instruksi yang mengarah pada sistem komputer serta menjadi penghubung antara user dan komputer yang menggunakan bahasa mesin.

E. Wiwit Siswoutomo

Wiwit Siswoutomo menyebutkan bahwa perangkat lunak diibaratkan sebagai nyawa dari sebuah komputer. Komputer tidak akan bisa bekerja apabila hanya terdiri atas sebuah mesin atau berbagai perangkat keras.

F. Fauziah

Fauziah mendefinisikannya hingga menjelaskan tahapannya secara sederhana.

Software yaitu program yang memiliki fungsi untuk melakukan input data, mengecek data, menyimpan data, memperoleh hasil data, melakukan presentasi data, dan juga melakukan proses manipulasi pada data yang dilakukan pada sebuah perangkat hardware.

G. ITL Education Solutions Limited

ITL Education Solutions Limited merupakan sebuah organisasi yang telah menerbitkan banyak buku seperti kalkulus, pemrograman, dan teori-teori ilmiah komputasi lainnya.

Organisasi ini menjelaskan bahwa perangkat lunak merupakan istilah umum untuk menunjukkan sebuah koleksi data komputer dan instruksi yang terorganisir yang memiliki tugas untuk bertanggung jawab dalam mengendalikan, mengintegrasikan, dan juga mengelola komponen hardware dari sebuah sistem komputer yang ada, lalu kemudian menyelesaikan tugas tertentu di dalam komputer tersebut.

H. Juntak Teamwork

Juntak Teamwork yaitu organisasi yang telah membuat berbagai jenis buku tentang komputer beserta cara pemakaian dan pemeliharaannya.

Juntak Teamwork menyebutkan bahwa perangkat lunak merupakan konstruksi atau bangunan dari sebuah program yang disusun sedemikian rupa  serta diatur untuk sebuah sistem kerja yang dijalankannya.

 

Akhirnya dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak atau software merupakan perangkat komputer berupa program yang memiliki instruksi untuk melakukan kerja sama dengan perangkat keras dalam melakukan input data, mengecek data, menyimpan data, memanipulasi data, mengolah data, hingga melakukan presentasi data agar informasi atau output yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dari user atau penggunanya.

Software memiliki sifat yang sangat berbeda dari perangkat keras yaitu tidak dapat dilihat atau disentuh secara fisik sehingga memiliki sifat maya dan menggunakan bahasa mesin dalam pengoperasiannya.

2. Sejarah dan Perkembangan Perangkat Lunak

Sejarah dan perkembangan software memiliki perjalanan waktu dan perubahan untuk melakukan penyempurnaan yang panjang.