Spreadsheet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Contoh Aplikasi

Diposting pada

Saat ini, kebanyakan pekerjaan manusia pasti sudah banyak dibantu aplikasi atau software. Salah satu software yang sangat sering diandalkan adalah software berbasis pengolahan angka atau spreadsheet.

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan Microsoft Excel yang sering Anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari dan aplikasi tersebut merupakan contoh aplikasi spreadsheet.

Namun aplikasi spreadsheet tidak hanya Microsoft Excel saja.

Agar Anda lebih memahami tentang seluk beluk spreadsheet mari simak artikel di bawah ini.

Spreadsheet sangat dibutuhkan di dunia perkantoran
Spreadsheet sangat dibutuhkan di dunia perkantoran

1. Pengertian Spreadsheet

Spreadsheet adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk menyimpan, menampilkan, serta mengolah data dalam bentuk baris dan kolom.

Baris biasanya menggunakan label angka 1,2,3 dan seterusnya.

Sedangkan kolom menggunakan label abjad seperti A, B, C, dan seterusnya.

Pengolahan data dalam spreadsheet disimpan dalam sebuah sel.

Penamaan sel tersebut sesuai dengan penggunaan label pada kolom dan baris yang digunakan, contohnya A1, A2, A3 dan seterusnya.

Definisi dari spreadsheet sendiri merupakan tabel-tabel dalam komputer yang berisi baris dan kolom yang dapat digunakan untuk memanipulasi serta mengatur sebuah data.

Pertemuan antara baris dan kolom dinamakan sel.

Tiap sel yang terdapat di dalam spreadsheet sangat berhubungan erat dan saling terkait.

Jadi ketika salah satu sel saja diubah maka sel yang lain pun akan ikut berubah.

Pengolah angka merupakan arti dari kata spreadsheet itu sendiri, karena spdreadsheet memang berfungsi untuk mengolah angka-angka yang terdapat di dalam sel.

Selnya berisi nilai numerik, rumus, maupun teks alfanumerik.

2. Sejarah

2.1 Awal Penemuan

Sejarah dari spreadsheet bermula pada saat Bob Frankston dan Daniel Bricklin yang mempelopori spreadsheet untuk pertama kalinya.

Daniel Bricklin merupakan seorang mahasiswa Harvard University, ia mendapatkan inspirasi saat seorang professornya salah menuliskan rumus di papan tulis dan harus menulis ulang dari awal lagi.

Ia berpikir apakah bisa membuat suatu program komputer yang dapat mempermudah pekerjaan tersebut.

Software pertama yang berhasil dibuat adalah VisiCalc yang merupakan buah hasil dari perusahaan yang mereka bentuk sendiri yaitu Software Art pada tahun 1979.

VisiCalc saat pertama kali dikembangkan hanya dapat menginput data 5 kolom dan 20 baris saja.

Namun pada saat itu VisiCalc hanya digunakan oleh komputer Apple II karena komputer mikro yang lainnya belum memiliki banyak media penyimpanan dan kemampuan display yang mumpuni.

Setelah versi VisiCalc untuk Apple II dipasarkan mereka melanjutkan dengan membuat VisiCalc untuk Atari 8-bit, Commodore PET, TRS-80, dan IBM PC.

Pada tahun 1980 mulai muncul pesaing dari VisiCalc yaitu Lotus 123 yang dibuat oleh Mitch Kapor yang merupakan manajer dari VisiCalc.