Mengenal Lebih Dekat OS Ubuntu

Diposting pada

Pertama kali dirilis dan dibuat pada tahun 2004, OS berbasis Linux ini telah memiliki jutaan pelanggan, mulai dari pelajar hingga para pekerja kantoran.

Ubuntu dibangun menggunakan infrastruktur dari Debian yang terdiri atas server, desktop, dan OS Linux yang disediakan secara open source.

Nama OS berbasis Linux satu ini berasal dari bahasa kuno Afrika yang memiliki arti “rasa perikemanusiaan sesama manusia” dengan tujuan membawa semangat bagi para pengguna dan pengembang OS.

Sistem operasi Ubuntu
Sistem operasi Ubuntu

Mengapa Ubuntu?

Sistem operasi yang satu ini merupakan salah satu OS yang tersedia secara gratis untuk instalasinya.

Dengan adanya kebebasan melakukan instalasi membuat Ubuntu berbeda dengan software yang harus membayar terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

Tidak hanya perangkat yang tersedia secara bebas, tetapi user juga memiliki hak untuk melakukan modifikasi hingga software tersebut bekerja sesuai dengan yang diinginkannya.

Sistem operasi dan berbagai aplikasi di dalamnya mendukung banyak bahasa sehingga Ubuntu tentu saja sangat menarik untuk digunakan dan diinstall.

Kelebihan Ubuntu

Salah satu kelebihan Ubuntu adalah lisensinya yang open source sehingga boleh digunakan oleh siapa saja tanpa harus melakukan pembelian produk terlebih dulu.

Ubuntu memiliki UI dan UX yang lebih bagus tentunya dan desainnya cukup sederhana dan enak dipandang.

Kami jamin Anda akan betah dengan tampilan yang disajikan oleh sistem operasi open source ini.

Karena sistemnya yang berbasis linux pun, biasanya tidak banyak virus yang menyerang sehingga sistem operasi ini relatif aman digunakan.

Kelebihan lainnya dari Distro Linux ini adalah banyaknya aplikasi yang mendukung.

Aplikasi Mendukung

Ubuntu memiliki banyak aplikasi yang mendukung untuk dipasang.

Hal ini menjadi salah satu kelebihan dibandingkan dengan jenis Distro Linux lainnya.

Aplikasi standar yang biasa digunakan di antaranya Open Office sebagai aplikasi office yang cukup lengkap, Mozilla Firefox sebagai browser yang andal, ThunderBird Mail sebagai aplikasi pengolah email, dan berbagai aplikasi lainnya.

Kekurangan Ubuntu

Bagi pengguna Windows, sistem operasi berbasis linux ini belum begitu sangat familiar di kalangan penggunanya.

Hal tersebut disebabkan UI yang dimiliki sangat berbeda dengan Windows sehingga terlihat begitu asing.

Selain itu, aplikasi yang disediakan untuk sistem operasi Ubuntu tergolong masih sangat sedikit apabila dibandingkan dengan Mac atau Windows.

Berbagai Jenis Ubuntu

Flavors merupakan sebutan variasi desktop dalam lingkungan Linux, dengan itu Ubuntu memiliki lingkungan yang berbeda dengan lainnya.

Salah satu jenisnya ada Ubuntu GNOME yang dirilis pada tahun 2017 dan memiliki varian interface mirip dengan Mac OS X.

Namun, apabila Anda menggunakan GNOME maka perlu memperhatikan hardware yang digunakan dalam keadaan baik dengan RAM di atas 4GB.