Berbagai Merek Smartphone Paling Laris di Dunia

Diposting pada

Setelah beberapa kuarter pada tahun 2019 akhirnya pada kuartal keempat tahun 2019 vendor Apple berhasil menjadi top brand dengan jumlah pengapalan mencapai 78,4 juta dan penjualan sebesar 21,3 %.

Sayangnya Apple tidak dapat bertahan lama menjabat sebagai vendor nomor satu karena kembali digeser oleh Samsung di kuarter selanjutnya yaitu kuarter pertama tahun 2020.

Dilansir dari data canalys dan IDC yang berada di top 5 vendor smartphone berturut-turut dari tahun 2019 hingga kuarter pertama tahun ini tidak lain dan bukan adalah vendor Samsung, Huawei, Apple, Xiaomi,  Vivo, dan Oppo.

berikut beberapa merek smartphone terlaris di dunia yang perlu Anda ketahui.

1. Samsung (Market Share 21,9%)

Logo Samsung
Logo Samsung

Meskipun pada kuartal awal tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 17%, Samsung tetap mampu bertahan di urutan pertama.

Salah satu strategi yang dilakukan oleh pihak Samsung yaitu dengan meluncurkan beragam seri dan inovasi terbaru dalam setiap produknya yang menggoda.

Selain memiliki rangking yang menonjol ketimbang vendor lainnya, Samsung ini mampu menyentuh hati produsen dari berbagai kalangan berkat kredibelitasnya.

Melalui peluncuran empat versi andalan “Galaxy” seperti Galaxy S, Galaxy Note, Galaxy A, dan Galaxy J yang dapat menjangkau berbagai kelas konsumen.

2. Huawei (Market Share 18%)

Logo Huawei
Logo Huawei

Vendor Huawei ini masih setia dengan urutan kedua tetapi menjadi salah satu vendor yang mampu mengancam posisi Samsung di urutan pertama.

Meskipun terdapat beberapa kontroversi, vendor asal Tiongkok ini telah diakui dunia bukan smartphone yang patut diremehkan melalui inovasi dan pengembangan teknologinya yang terus menerus.

Salah satu inovasi yang diluncurkan yaitu chipset khusus yang dinamakan Kirin.

Chipset atau processor Kirin ini mampu bersaing dan tak kalah jauh kualitasnya dengan chipset lain seperti Snapdragon dan Mediatek yang diaplikasikan di sebagian besar smartphone.

3. Apple (Market Share 13,6%)

Logo Apple
Logo Apple

Berbeda dengan berbagai vendor lain yang menyasar beragam kelas konsumen, dari kelas atas, menengah, hingga kelas bawah.

Apple lebih menyasar konsumen kalangan atas yang terlihat dari harga per perangkat smartphone-nya yang dibanderol dengan harga tak kurang dari 10 jutaan.

Produk asal Amerika Serikat ini mengaplikasikan OS berupa iOS yang khusus digunakan untuk perangkat iPhone.

iOS yang selalu diperbarui rutin di berbagai tipe iPhone keluaran baru maupun lama adalah salah satu alasan perangkat ini selalu digemari.

4. Xiaomi (Market Share 11,1%)

Logo Xiaomi
Logo Xiaomi

Xiaomi menjadi salah satu smartphone favorit paling dicari terutama oleh konsumen kelas menengah yang mencari smartphone dengan spesifikasi mewah namun harga terjangkau.

Produk asal Tiongkok ini melakukan produksi dan pemasaran secara mandiri serta mengandalkan sistem online untuk mengurangi beban dari distribusinya.

Surplus dari penggunaan sistem online inilah yang dimanfaatkan untuk meningkatkan spek setiap unitnya agar tak kalah dengan smartphone lain yang harganya lebih mahal.

Smartphone murah tetapi juga tidak “receh” yang menjadi salah satu alasan Xiaomi mengalami peningkatan market share sebesar 9% di kuartal pertama taun 2020.

5. Vivo (Market Share 8,9%)

Logo Vivo
Logo Vivo

Posisi kelima versi Canalys dan IDC cenderung senada, vendor Vivo dan Oppo bersaing dengan ketat di posisi kelima.

Setelah sebelumnya secara berturut-turut di kuartal ketiga dan keempat ditempati oleh Oppo.

Kini  Vivo melesat dengan market share sebesar 8,9% dan pengapalan barang mancapai 24,2 juta.

Hal ini menyebabkan peningkatan sebesar 3% dari kuartal sebelumnya.

Secara perlahan vendor Vivo ini merangsek naik ke peringkat keempat yang akan mengancam Xiaomi bahkan meninggalkan Oppo jika vendor pesaing tidak melakukan terobosan baru.

 

Pilihan memang tetap menjadi pilihan.

Jika Anda mencari perangkat dengan penjualan top di dunia maka Samsung-lah jawabannya saat ini.

Semoga Anda semakin tercerahkan dan bijaksana dalam membeli perangkat nantinya.