Media Sosial: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contoh

Sekarang ini mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sudah banyak sekali yang menggunakan media sosial. Media sosial biasanya digunakan untuk bersenang-senang atau berbisnis.

Namun, kira-kira Anda sudah tahu belum apa itu media sosial? Tujuan dan dampaknya sudah tahu? Kalau belum tahu langsung baca artikel ini sampai selesai ya!

Media Sosial
Media Sosial

1. Pengertian Media Sosial

Berikut ini beberapa pengertian media sosial:

1.1 Secara Umum

Media sosial adalah suatu media daring yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan interaksi sosial secara online. Di sana mereka bisa berkomunikasi, networking, berbagi, dan banyak kegiatan lainnya. Media daring yang sering digunakan saat ini adalah Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, dan lain sebagainya.

Media daring ini juga seringkali disebut sebagai sosial media atau sosmed padahal menurut kaidah dan hukum pembentukan istilah bahasa Indonesia itu menganut kaidah DM atau Diterangkan Menerangkan sedangkan bahasa Inggris MD atau Menerangkan Diterangkan.

Contoh, kalau dalam bahasa Inggris istilah “small eyes” dalam bahasa Indonesia berarti mata kecil bukanlah kecil mata. Kalau dalam bahasa Inggris “social media” maka jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia akan menjadi media sosial bukannya sosial media.

1.2 Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum ternyata ada juga beberapa pakar yang memberikan pendapatnya mengenai pengertian media daring ini. Berikut adalah beberapa pendapat para pakar atau para ahli:

1.2.1 Muhammad Yusup, Henderi, dan Yuliana Isma Graba (2007)

Media sosial adalah situs jaringan sosial seperti layanan berbasis web yang memungkinkan setiap orang bisa membangun profil publik bahkan semi publik dalam sistem terbatas. Media daring ini juga dapat digunakan untuk mengetahui daftar pengguna yang sedang terhubung dengan mereka dan menjelajahi daftar koneksi yang dibuat orang lain dengan menggunakan suatu sistem.

1.2.2 J. Watkins, S.Chan, L. Kelly, dan Russo (2008)

Media sosial adalah instrument yang memberikan fasilitas untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara online.

1.2.3 Mark Hopkins (2008)

Media sosial adalah istilah yang tidak hanya mencakup beragam platform media baru namun juga memasukkan beberapa sistem seperti Facebook, FriendFeed, dan lainnya yang secara umum disebut sebagai jejaring sosial.

1.2 4 Antony Mayfield (2008)

Media sosial adalah suatu sarana yang memudahkan para penggunanya untuk berbagi, berpartisipasi, dan menciptakan peran khususnya dalam blog, jejaring sosial, forum-forum maya, wiki atau ensiklopedia online, bahkan virtual worlds (menggunakan avatar atau karakter 3D).

1.2.5 Michael Haenlien dan Andreas Kaplan (2010)

Media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi online yang membangun atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 serta yang memungkinkan adanya penciptaan atau pertukaran user generated content.

1.2.6 Michael J. Palenchar, Tara Buehner, dan R. Shari Veil (2011)

Media sosial adalah komunikasi yang dilakukan antar manusia dan memiliki karakteristik terbuka, partisipasi, komunitas, percakapan, juga keterhubungan.

1.2.7 Michael Cross (2013)

Media sosial adalah suatu sebutan yang memaparkan bermacam-macam teknologi untuk mengikat banyak orang ke dalam suatu kolaborasi, berinteraksi, dan saling berbagi informasi lewat pesan berbasis web.

1.2.8 Rebecca A. Hayes dan Caleb T. Carr (2015)

Media sosial adalah sarana berbasis internet yang memudahkan para penggunanya untuk berinteraksi dan mempresentasikan diri baik itu secara seketika maupun tertunda, baik itu di khalayak luas atau tidak. Hal tersebut mendorong adanya nilai dari user generated content dan persepsi interaksi dengan orang lain.

1.2.9 Philip Kotler dan Kevin Keller (2016)

Media sosial adalah fasilitas yang disediakan untuk para konsumen guna berbagi informasi melalui teks, video, gambar, dan audio antara satu orang dengan orang lain,  satu perusahaan dengan perusahaan lain, atau bahkan satu orang dengan perusahaan.

1.2.10 Marjorie Clayman

Media sosial menurut Marjorie Clayman adalah suatu alat pemasaran baru yang berfungsi untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan menggunakan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

2. Jenis-Jenis Media Sosial

Berikut adalah jenis-jenis media daring yang satu ini:

2.1 Proyek Kolaborasi

Di situs jenis ini para penggunanya bisa menambah, mengubah, bahkan menghapus suatu konten yang tersedia. Contohnya adalah Wikipedia.