Cara Scan Dokumen Menggunakan HP

Kegiatan memindai suatu dokumen dalam bentuk fisik ke digital biasanya memerlukan perangkat pemindai yang disebut scanner.

Namun, tidak semua masyarakat memiliki scanner sendiri dan mengharuskannya untuk meminjam atau bahkan pergi ke suatu tempat penyedia jasa pemindaian.

Alat pemindai suatu dokumen fisik atau scanner juga terbilang mahal bagi beberapa kalangan.

Beruntungnya, kemajuan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini dapat mempermudah pemindaian dokumen tanpa harus memiliki alatnya secara fisik.

Pengguna dapat melakukan scanning hanya bermodalkan telepon pintar (HP) tanpa harus melibatkan mesin printer yang besar.

Cara tersebut tergolong lebih hemat dan mudah dengan hasil yang didapatkan tidak jauh berbeda dengan mesin scanner.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di HP, Anda juga dapat mengubah dokumen yang di-scan menjadi PDF dan membagikannya melalui layanan Dropbox maupun Google Drive.

Penasaran bagaimana caranya?

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memindai (scan) dokumen menggunakan HP:

1. Manfaatkan Layanan Google Drive

Google Drive-Scan Dokumen

Jika Anda pengguna Android, tidak perlu repot mengunduh aplikasi scan tambahan.

Ya, Anda dapat memanfaatkan layanan Google Drive untuk melakukan scan dokumen.

Google Drive dapat melakukan pemindaian melalui HP dan menyimpan hasil pemindaian dalam format PDF.

Adapun cara yang dapat dilakukan adalah membuka aplikasi Googke Drive, lalu klik “Tambah (Add)” pada bagian kanan bawah.

Kemudian pilih opsi “Scan” dan ambil foto dokumen yang ingin dipindai serta sesuaikan area pemindaian, lalu ketuk “Pangkas (Crop)”.

Setelah itu, ambil kembali fotonya dengan memilih “Re-scan current page”.

Apabila terdapat halaman lain yang harus dipindai maka pilih “Tambah (Add)” dan untuk melakukan penyimpanan pilih “Done”.

Dokumen yang telah di scan akan secara otomatis terunggah ke Google Drive sebagai PDF dengan nama awalan “Scanned” yang diikuti dengan tanggal dan waktu pemindaian.

Setelah melakukan scan, Anda dapat memindahkan file, mengganti nama, atau menghapus dokumen yang di-scan dengan mengklik tiga titik di sebelah nama file.

Untuk mempermudah proses scan di kemudian hari, Anda juga dapat menambahkan pintasan Pemindai Google Drive pada layar utama HP.