Apa Itu Intel Xeon?

Diposting pada

Intel® menghasilkan berbagai CPU terbaik yang beredar di pasaran dunia.

Seri Intel CoreTM  merupakan jajaran prosesor yang sangat populer di kalangan prosesor lain di dunia.

Namun, dalam penggunaanya tetap harus benar-benar memperhatikan dan mempertimbangkan penggunaan prosesor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Intel Xeon sendiri didesain untuk laptop maupun komputer dengan jenis workstation performa tinggi sesuai dengan kebutuhan pengguna untuk bekerja dengan data penting dalam jumlah besar.

Menarik sekali bukan?

Jika Anda penasaran, mari kita kenali lebih dalam tentang seri Intel Xeon.

Berikut adalah uraian mengenai Intel Xeon:

Intel Xeon

1. Intel Xeon Processor

Intel Xeon merupakan prosesor besutan Intel yang ditujukan untuk pasar workstation dengan server kelas menengah atas.

Alasan Intel Xeon ditujukan untuk server kelas menengah atas adalah prosesor Intel jenis ini memiliki server lainnya yang bernama Intel Itanium.

Prosesor jenis ini sebenarnya dibangun di atas wafer yang sama dengan prosesor dalam desktop yang setara dengannya.

Beberapa desain prosesor Xeon juga digunakan dalam prosesor desktop, contohnya adalah prosesor Intel Pentium Extreme Edition.

Pertama kali jenis Intel ini di produksi pada tahun 1998 sampai saat ini dengan kecepatan prosesor 400 MHz – 3,8 GHz dan kecepatan FSB sebesar 100 MHz – 6,4 GT/s.

Jenis Intel Xeon terdiri dari Intel Xeon DP dan Intel Xeon MP.

Intel Xeon DP merupakan prosesor yang dapat dikonfigurasikan agar dapat berjalan pada modus dua prosesor.

Sedangkan untuk Intel Xeon MP adalah prosesor yang dapat dikonfigurasikan agar dapat berjalan pada modus banyak prosesor (empat prosesor atau lebih).

Umumnya, Intel Xeon MP menggunakan jenis konfigurasi memori Non Uniform Memory Access (NUMA).

Prosesor jenis ini merupakan salah satu prosesor Intel yang powerfull dengan fitur khusus yang membuatnya hebat untuk menjalankan program intensif dan tugas penting.

Hal yang paling penting dari beberapa deretan fitur yang dimilikinya adalah dukungan dari memori ECC (Error Correction Code).

Prosesor yang cukup handal bukan?

2. ECC pada Intel Xeon Mencegah Soft Error

Memory pada Error-correcting code (ECC) merupakan fitur yang membantu untuk mencegah terjadinya soft error pada saat prosesor membaca dan menulis informasi yang masuk.

Pengguna tentu mengingat bahwa unit data pada setiap bit merupakan informasi berisi denyut listrik (nilai 1) maupun ketiadaannya (nilai 0).

Saat CPU melakukan pembacaan setiap bit yang masuk maka data akan dibaca secara berbeda dari yang diinginkan apabila terdapat soft error dalam data bit tersebut.

Ada beberapa teori lain tentang penyebab soft error terjadi.

Beberapa insinyur menyatakan bahwa fluktuasi aliran listrik dapat secara tidak sengaja mengubah nilai bit, tetapi yang lainnya percaya hal tersebut ada hubungannya dengan interferensi elektromagnetik dari komputer.