Berbagai Cara Konversi File DOCX Menjadi PDF

Posted on

Sebagai seseorang yang hidup di era tekonologi seperti saat ini memang tidak lepas dari pekerjaan yang berhubungan dengan laptop atau komputer.

Pekerjaan yang dilakukan biasanya menggunakan Microsoft Word dan terkadang perlu dikonversi menjadi PDF agar mempermudah orang lain untuk membaca dan memahami isi dari file tersebut.

Bahkan, tak sedikit bos yang meminta anak buahnya untuk mengubah format file sebelum mengirimkannya kepada atasan mereka.

Wah, rupanya sudah menjadi kebiasaan atau bahkan keharusan ya?

Bagi pengguna Ms. Office 2010 ke atas, tentu akan sangat mudah untuk menyimpan file DOCX ke PDF karena telah memiliki fitur lengkap yang dapat digunakan kapan saja.

Namun, jika Anda merupakan pengguna Ms. Office 2007 atau Ms. Office 2003, Anda harus menggunakan opsi lain untuk mengubah file DOCX menjadi PDF.

Eits, jangan khawatir! Ada beberapa software dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah file Word menjadi PDF baik secara online maupun offline, dari mulai gratis hingga berbayar.

Kemungkinan besar beberapa diantaranya sudah berada di laptop maupun komputer yang saat ini digunakan, bahkan ada yang menyediakan fitur mengedit file.

Penasaran bukan aplikasi dan software apa saja yang dimaksud dan bagaimana cara menggunakannya?

Simak ulasan berikut dan ketahui berbagai cara konversi file DOCX menjadi PDF dengan mudah!

1. Menyimpan File DOCX ke PDF di Microsoft Word

Ms.Word-Convert DOCX ke PDF

Bagi pengguna Microsoft Office 2010 ke atas, untuk menulis dan mengedit dokumen dapat menggunakan pilihan dalam menyimpan file untuk format PDF.

Cara yang dapat dilakukan adalah membuka dokumen Word yang ingin diubah ke PDF, kemudian klik “File” dan pilih “Save as”.

Setelah itu, pada bagian “Save as type”, pilih PDF (*.pdf) dan ubah nama dokumen bila perlu lalu klik “Save”.

Meski setelah konversi selesai dan tampilan akan kembali ke halaman dokumen Word, file PDF yang telah tersimpan dapat dibuka di folder tempat file tersebut tersimpan.

Kemudian Anda dapat mengakses file PDF sesuai dengan software viewer pilihan yang telah terinstal didalam laptop atau komputer Anda.

Cukup mudah dan cepat bukan?

2. Menggunakan Software WPS Office

WPS Office

Sebagai penikmat teknologi, kita tahu bahwa untuk meng-install Microsoft Office original kita perlu merogoh kocek yang terbilang cukup tinggi.

Namun daripada menggunakan aplikasi bajakan secara gratis yang nantinya dapat mengganggu sistem dalam komputer, Anda dapat memanfaatkan software WPS Office yang dapat Anda unduh secara gratis.

Software yang dikembangkan oleh Kingsoft ini menawarkan tiga aplikasi, yakni Writer, Spreadsheets, dan Presentation.

Setiap aplikasi tersebut kompatibel dengan file Microsoft Word, Excel, hingga Powerpoint dan memiliki fitur yang hampir sama dengan Microsoft Office, salah satunya dapat mengonversi file DOCX ke PDF.