Cara Jitu agar Mata Tidak Cepat Lelah Saat Menggunakan Microsoft Word

Diposting pada

Penggunaan komputer untuk memakai aplikasi perkantoran khususnya Microsoft Office sangat tinggi frekuensinya bukan?

Kebutuhan akan pengerjaan tugas sekolah, pekerjaan di kantor, dan lain sebagainya yang menggunakan aplikasi Microsoft Word memaksa Anda untuk lebih lama di depan layar komputer.

Pernahkah Anda merasakan mata yang terasa lelah saat berada lama di depan layar komputer?

Mata yang lelah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti akibat pencahayaan yang kurang tepat, terlalu lama terkena paparan radiasi komputer, ketegangan mata yang selalu menatap ke layar komputer, dan lain sebagainya.

Efek yang dapat ditimbulkan akibat kelelahan mata yaitu dapat mengakibatkan mata terasa nyeri, kering, berair, panas, perih dan gatal, serta dapat mengakibatkan kepala menjadi pusing.

Jika kondisi ini terus berlanjut dapat mengakibatkan penurunan produktivitas kerja dan peningkatan jumlah kesalahan pada saat mengoperasikan komputer.

Nah bagaimanakah cara agar mata tidak cepat lelah saat menggunakan komputer, khususnya ketika menggunakan aplikasi Microsoft  Word?

Berikut penjelasannya!

Menjaga mata agar tidak cepat lelah saat menggunakan microsoft word
Menjaga mata agar tidak cepat lelah saat menggunakan microsoft word

1. Mengatur Pencahayaan Layar Monitor

Kelelahan mata sering terjadi  akibat pencahayaan yang terlalu terang maupun pencahayaan yang terlalu redup.

Selain pengaturan pencahayaan yang terdapat dalam komputer atau PC, pencahayaan ruangan juga ikut mempengaruhi cepat lambatnya kelelahan pada mata.

Jika pencahayaan layar komputer atau PC lebih terang dibandingkan pencahayaan ruangan kerja, maka akan memaksa mata untuk bekerja lebih keras.

Pencahayaan ini harus diatur dengan tepat agar mata lebih nyaman menatap ke layar komputer.

2. Menyesuaikan Pengaturan Tampilan Komputer

Selain mengatur pencahayaan layar komputer, terdapat pengaturan tampilan lainnya untuk mencegah kelelahan mata.

Mengatur temperatur warna, temperatur warna digunakan untuk menggambarkan spektrum cahaya yang dipancarkan oleh layar komputer.

Warna biru muda memiliki panjang gelombang yang lebih pendek, hal ini lah yang mengakibatkan mata mudah lelah.

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan warna lainnya yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dibandingkan warna biru muda seperti orange dan merah agar lebih membuat nyaman mata saat bekerja di depan komputer.

Mulai pada Microsoft Word 2013, terdapat opsi untuk mengubah warna Microsoft Word dengan 3 pilihan warna yaitu white, dark grey, dan light grey.

Anda dapat mengubah tampilan warna Microsoft Word Anda menjadi light grey atau pun dark grey agar tidak mencolok ke mata dan terlihat terlalu terang.

Anda dapat mengklik pada file, kemudian pilih option, dan pada kolom option Anda perlu mencari Color theme yang berisi 3 pilihan warna white, ligth grey, dan dark grey, lalu Anda dapat memilih warna tersebut sesuai dengan kenyamanan Anda.

Selain itu Anda juga dapat mengubah warna latar belakang tampilan kerja dengan fitur page color, dengan fitur ini kita dapat mengatur warna tampilan kertas sehingga lebih nyaman di mata.

3. Mengupgrade Layar Monitor

Anda dapat mengupgrade layar monitor komputer atau PC Anda menjadi layar LCD.