Berbagai Aplikasi Word Processor yang Berlisensi Open Source

Word Processor merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk pengolahan kata, baik berupa pembuatan, penyuntingan, penyimpanan, maupun pencetakan dokumen.

Aplikasi ini sangat diperlukan pada berbagai bidang kehidupan, terutama untuk memudahkan Anda dalam berbagai pekerjaan yang menuntut pengerjaan pengolahan kata.

Dengan adanya aplikasi word processor Anda dapat dengan mudah membuat berbagai dokumen, laporan, surat, karya tulis, dan naskah-naskah lainnya yang mendukung pekerjaan Anda.

Aplikasi-aplikasi ini ada yang berlisensi yang mengharuskan Anda untuk membayar jika ingin memiliki aplikasi word processor tertentu.

Namun jika Anda tidak ingin membayar untuk menggunakan aplikasi word processor tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi yang berlisensi Open source.

Aplikasi word processor yang berlisensi Open Source dapat Anda miliki secara gratis dan legal dengan mengunduh aplikasi dari situs resminya.

Berikut aplikasi word processor berlisensi open source yang dapat Anda miliki.

1. OpenOffice.org Writer

Open office logo
Open office logo

OpenOffice.org Writer merupakan aplikasi word processor yang termasuk bagian dari OpenOffice.org.

OpenOffice.org adalah suatu paket aplikasi perkantoran berlisensi open source yang terdiri dari komponen word processor (pengolah kata), spreadsheet (pengolah angka), ilustrasi vektor, presentasi, dan data base (gudang data).

OpenOffice.org Writer dianggap sebagai saingan bagi Microsoft Word yang dapat dijalankan dengan sistem operasi Windows, MacOS X, Linux, dan Sun Solaris.

Aplikasi ini dapat dengan mudah membuat dokumen, laporan, memo dan lain sebagainya dengan format yang dapat digunakan yaitu .doc, .odt, .ort, dan dapat export ke dalam .pdf.

2. AbiWord

AbiWord logo
AbiWord logo

Abiword merupakan aplikasi word processor yang dikembangkan oleh Abisource.inc, dan termasuk bagian dari GNOME Office.

Abiword mempunyai fitur-fitur dan fungsi yang mirip dengan OpenOffice Writer dan Microsoft Word, sehingga memudahkan Anda dalam membaca dokumen dengan format-format perkantoran seperti .doc, .sxw dan format umum lainnya.

Dibandingkan Microsoft Word, aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga ringan dalam penggunaan CPU dan RAM serta menghemat penggunaan daya komputer.