Berbagai Aplikasi Word Processor yang Berlisensi Open Source

Word Processor merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk pengolahan kata, baik berupa pembuatan, penyuntingan, penyimpanan, maupun pencetakan dokumen.

Aplikasi ini sangat diperlukan pada berbagai bidang kehidupan, terutama untuk memudahkan Anda dalam berbagai pekerjaan yang menuntut pengerjaan pengolahan kata.

Dengan adanya aplikasi word processor Anda dapat dengan mudah membuat berbagai dokumen, laporan, surat, karya tulis, dan naskah-naskah lainnya yang mendukung pekerjaan Anda.

Aplikasi-aplikasi ini ada yang berlisensi yang mengharuskan Anda untuk membayar jika ingin memiliki aplikasi word processor tertentu.

Namun jika Anda tidak ingin membayar untuk menggunakan aplikasi word processor tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi yang berlisensi Open source.

Aplikasi word processor yang berlisensi Open Source dapat Anda miliki secara gratis dan legal dengan mengunduh aplikasi dari situs resminya.

Berikut aplikasi word processor berlisensi open source yang dapat Anda miliki.

1. OpenOffice.org Writer

Open office logo
Open office logo

OpenOffice.org Writer merupakan aplikasi word processor yang termasuk bagian dari OpenOffice.org.

OpenOffice.org adalah suatu paket aplikasi perkantoran berlisensi open source yang terdiri dari komponen word processor (pengolah kata), spreadsheet (pengolah angka), ilustrasi vektor, presentasi, dan data base (gudang data).

OpenOffice.org Writer dianggap sebagai saingan bagi Microsoft Word yang dapat dijalankan dengan sistem operasi Windows, MacOS X, Linux, dan Sun Solaris.

Aplikasi ini dapat dengan mudah membuat dokumen, laporan, memo dan lain sebagainya dengan format yang dapat digunakan yaitu .doc, .odt, .ort, dan dapat export ke dalam .pdf.

2. AbiWord

AbiWord logo
AbiWord logo

Abiword merupakan aplikasi word processor yang dikembangkan oleh Abisource.inc, dan termasuk bagian dari GNOME Office.

Abiword mempunyai fitur-fitur dan fungsi yang mirip dengan OpenOffice Writer dan Microsoft Word, sehingga memudahkan Anda dalam membaca dokumen dengan format-format perkantoran seperti .doc, .sxw dan format umum lainnya.

Dibandingkan Microsoft Word, aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga ringan dalam penggunaan CPU dan RAM serta menghemat penggunaan daya komputer.

Aplikasi ini dapat berjalan dengan berbagai sistem operasi yaitu Windows, Sun Solaris, Linux dan MacOS X.

3. SSuite WordGraph Editor

WordGraph Editor merupakan aplikasi word processor bagian dari SSuite Office.

Anda dapat menginstal aplikasi ini tanpa harus menginstal keseluruhan aplikasi SSuite Office.

WordGraph memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan aplikasi word processor lainnya, namun ada beberapa fitur khusus yang dimiliki oleh aplikasi ini, seperti PDF creator, grafik, ilustrasi, chart, tabel konten & indeks, spell check untuk bahasa inggris dan cloud storage seperti onedrive atau dropbox.

Aplikasi ini dapat menggunakan sistem operasi Windows (Anda harus memiliki Microsoft Internet Explorer 11), Linux dan MacOS.

4. KWord

KWord logo
KWord logo

KWord merupakan aplikasi word processor  yang dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) dan termasuk bagian dari KOffice.

Kelebihan dari aplikasi KWord yaitu adanya skema tata letak yang mengikuti desain bingkai atau frame untuk memudahkan Anda dalam penataan teks, ilustrasi, objek, tabel, grafik, dan gambar yang ditampilkan pada dokumen.

Aplikasi ini dapat menggunakan sistem operasi Windows, Ubuntu, Linux, dan Mac OS X.

5. Libre Office Writer

Libre Office Writer merupakan aplikasi word processor yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF) dan termasuk bagian dari Libre Office.

Libre Office merupakan turunan dari Open Office yang berkembang mulai tahun 2010.

Selain dapat digunakan pada format dokumen pada umumnya, aplikasi ini juga dapat menyimpan file dengan format .html, .xhtml, .pdf dan .xml.

6. Lotus Word Pro

Lotus Word Pro merupakan aplikasi word processor yang dikeluarkan oleh IBM Lotus Symphony.

Aplikasi ini mempunyai kemampuan mempertukarkan file dengan Microsoft Word dan dapat juga membuka file dari beberapa aplikasi word processor lainnya.

Format file dokumen yang dapat dibuka yaitu .doc, .xls, .ppt, .dot, format ODF dan format Lotus SmartSuite lainnya.

7. Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor merupakan aplikasi pengolah kata yang tampilannya mirip dengan Microsoft Word.