Begini Cara Update Android

Update pada Android atau yang biasa dikenal dengan istilah upgrade sistem operasi (OS) perlu dilakukan untuk memperoleh tambahan fitur terbaru, serta memberikan perbaikan pada versi Android sebelumnya.

Setiap smartphone Android memiliki batas maksimal untuk melakukan upgrade OS, sehingga harus memperhatikan terlebih dahulu Android yang dimiliki bisa mencapai versi keberapa.

Kehadiran OS pada setiap perusahaan yang bekerja sama dengan smartphone berlangsung secara bertahap, serta tidak semua smartphone memberikan peringatan secara otomatis untuk melakukan update Android.

Oleh karena itu, kita sebagai pengguna setia smartphone Android perlu melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap sistem operasi untuk mengetahui perkembangan update pada perangkat.

Manfaat yang didapatkan setelah melakukan upgrade antara lain pengguna mendapatkan fitur baru yang lebih baik dan tidak tersedia pada versi Android sebelumnya.

Selain itu, pada versi Android terbaru Anda juga akan mendapatkan fasilitas keamanan yang lebih baik.

Hal utama yang harus disiapkan oleh pengguna adalah akun e-mail maupun gmail untuk melakukan back up data guna menghindari error saat melakukan update.

Melakukan update pada Android sangat disarankan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi karena upgrade OS terbaru sangat menguras kuota internet yang dimiliki pengguna.

Anda ingin meng-update Android tapi tidak tahu bagaimana caranya?

Berikut adalah cara update Android yang umum serta mudah untuk diaplikasikan:

1. Cara Update dengan OTA

OTA-Update Android

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan cara Over the Air (OTA) tanpa melakukan penyambungan dengan alat apapun dan hanya dengan memastikan koneksi internet cukup mendukung.

Cara yang dapat dilakukan adalah menyambungkan koneksi Android dengan Wi-Fi, hal tersebut dikarenakan pengunduhan sistem operasi (OS) memiliki ukuran yang tergolong besar.

Apabila tidak memiliki Wi-Fi, pengguna hanya perlu memastikan paket data dan jaringan yang dimiliki memadai untuk melakukan pengunduhan.

Sebelum itu, pastikan ruang kosong pada memori internal memadai dengan kapasitas penyimpanan di atas 2 GB dan kapasitas baterai di atas 50%.

Selanjutnya, buka “Pengaturan (Setting)” pada Android dengan simbol yang berbentuk roda gerigi.