Pengertian dan Jenis-Jenis Fast Charging di Smartphone

Posted on

Bisa mengisi ulang baterai smartphone atau tablet bisa berarti banyak waktu yang bisa dihemat. Kita juga tidak perlu terlalu lama menghabiskan waktu di sekitar colokan saat menggunakan smartphone kita saat menggunakan fast charging.

Karenanya, kini fitur fast charging sangat populer dan banyak dicari pengguna gadget. Kemudahan yang diberikan bisa menghemat waktu, sehingga kita bisa melakukan kegiatan dengan lebih optimal lagi.

Dahulu, kita memerlukan waktu hingga berjam-jam untuk melakukan charging gadget. Apakah itu smartphone, tablet, smartwatch, hingga laptop.

Tapi kini, waktu tersebut bisa dipangkas bahkan hingga berjam-jam lebih singkat.

1. Mengenal Fast Charging

Fast Charging

Output dari charger biasanya dihitung dari besaran ampere dan juga voltase.

Ampere atau arus listrik adalah jumlah listrik yang masuk dari baterai ke gadget yang terkoneksi. Sementara itu, voltase adalah kekuatan dari aliran listriknya.

Meningkatkan voltase lewat ampere akan memberikan watt atau besaran dari total tenaga.

Untuk membuat sebuah gadget menjadi lebih cepat dalam pengisian baterai, kebanyakan pabrikan meningkatkan ampere atau voltase untuk menambah energi potensial.

Kebanyakan fast charging standar akan lebih memiliki beragam voltase daripada ampere.

USB 3.0 standar memiliki output di level 5V/1A untuk gadget kecil seperti smartwatch.

Kebanyakan smartphone bisa menggunakan 5V/2.4A. Sementara untuk fast charging, kita akan memerlukan sesuatu yang lebih besar seperti 5V, 9V, 12V, atau lebih besar dari itu.

Bisa juga dengan menggunakan 3A atau lebih tinggi dari itu.

Walau begitu, kita perlu juga mengetahui bahwa besaran voltase dan ampere yang kita gunakan sesuai dengan ketahanan maksimal dari gadget yang digunakan. Salah-salah, jika gadget tidak cocok dan tidak bisa menampung arus yang besar, maka hal ini akan merusak gadget tersebut.

2. Jenis-Jenis Fast Charging Smartphone

Jenis-Jenis Fast Charging

1. Apple Fast Charging

Apple menggunakan USB Power Delivery untuk melakukan fast charging, sehingga mereka mengklaim pengguna bisa melihat 50 persen peningkatan baterai dalam hanya 30 menit.

Hanya saja, untuk bisa mendapatkan kecepatan ini, paling tidak, kita perlu untuk menggunakan adapter 18W dengan kabel USB-C ke kabel lightning.

2. Media Tek Pump Express

Beberapa smartphone yang menggunakan MediaTek menggunakan standar perusahaan Pump Express, yang bisa digunakan dalam beberapa versi di gadget berbeda.

Mereka mengklaim bisa mengisi baterai hingga 70 persen dalam waktu 30 menit. Bahkan Pump Express 3.0 dan 4.0 disebut hanya membutuhkan waktu setengahnya untuk mengisi daya tersebut.

3. Oppo SuperVooc Flash Charge

Vooc adalah standar yang digunakan oleh Oppo. Perusahaan ini sudah lama memimpin dalam teknologi fast charging. Bahkan saat ini perusahaan ini memegang rekor fast charging tercepat dengan adapter 65W yang bisa mengisi penuh Oppo Reno Ace hanya dalam 31 menit.