6 Jenis Lensa di Smartphone dan Kegunaannya

Diposting pada

6 Jenis Lensa di Smartphone

Pada awal ditemukannya, ponsel hanya digunakan untuk alat komunikasi saja. Tapi sekarang, seiring perkembangannya ponsel juga merupakan salah satu gadget fotografi yang powerfull. Karenanya, ada beberapa smartphone yang juga dilengkapi dengan lensa yang canggih.

Kecanggihan ini tidak main-main. Bahkan, ada beberapa lensa kamera smartphone yang memiliki kualitas setara dengan kamera-kamera digital kelas menengah yang kini juga menjamur.

Karenanya, kini ada banyak orang yang tentunya bisa menghasilkan banyak karya fotografi yang berkualitas. Dengan sedikit mempelajari ilmu dan komposisi fotografi, maka para pengguna akan bisa mendapatkan hasil gambar yang baik.

Optical Zoom vs Digital Zoom

Tapi ada juga yang perlu diketahui. Biasanya kamera smartphone tidak bisa dibongkar pasang layaknya kamera digital lain.

Karenanya kita perlu tahu beberapa fitur yang dimiliki, apakah fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak.

Salah satu yang paling banyak dicari orang adalah fitur zoom, yang memungkinkan kita mengambil foto dari jarak yang jauh.

Tentang fitur ini, smartphone dibagi menjadi dua tipe: optical zoom dan digital zoom.

Tidak banyak kamera yang memiliki optical zoom. Karena biasanya fitur ini hanya ada di kamera digital, di mana lensa bisa meningkatkan panjang focal dengan leluasa. Biasanya, smartphone yang memiliki tipe ini akan berharga mahal.

Berbeda dengan digital zoom. Fitur ini banyak digunakan di smartphone. Saat kita melakukan zoom, maka smartphone akan memotong gambar penuh ke bagian yang kita ingin lihat saja. Lalu gambar akan disesuaikan dengan gambar orisinal.

Jenis Lensa Kamera Smartphone

Sebelum membeli smartphone, kita juga perlu mengenali berbagai jenis lensa yang ada di pasaran.

1. Lensa Wide Angle

Hasil Gambar Lensa Wide Angle

Seperti namanya, lensa jenis ini memiliki jangkauan gambar yang luas. Dan lensa tipe ini bisa menangkap gambar dengan jangkauan yang hampir sama dengan mata manusia.

Lensa tipe ini banyak digunakan oleh smartphone karena memang cocok dengan kegunaan umum dari kamera smartphone.

Apakah itu untuk kamera depan yang digunakan untuk foto selfie, atau digunakan untuk kamera belakang yang digunakan untuk foto jarak jauh.

Seperti yang sudah dibahas di atas, dengan luas gambar yang lebih banyak diambil, maka akan lebih mudah untuk melakukan digital zoom.

Tipe lensa ini memiliki banyak keunggulan dan sangat bisa digunakan banyak kebutuhan. Apakah itu untuk foto interior, pemandangan, arsitektur, bahkan foto alam.

2. Lensa Ultra Wide Angle

Hasil Gambar Lensa Ultra Wide Angle

Lensa ultra wide angle memiliki jangkauan yang lebih luas lagi dari pada jenis lensa sebelumnya. Lensa tipe ini memungkinkan fotografer untuk mengakomodasi lebih banyak detail dari fokus subjek foto; yang tentunya akan sulit untuk diakomodasi lensa standar dan juga wide angle.