Mengulik Kecanggihan Tren Teknologi 2020

Teknologi merupakan salah satu topik yang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan.

Perkembangannya yang semakin pesat seiring dengan perkembangan peradaban manusia, membuatnya memiliki kesan khusus di hati masyarakat.

Berbagai keunggulan yang ditawarkan selalu berhasil memikat hati banyak orang.

Bahkan, antusiasme yang tinggi sudah sering terlihat di kalangan masyarakat ketika teknologi baru mulai bermunculan.

Apalagi jika teknologi baru itu mampu memberikan banyak kemudahan bagi pekerjaan mereka.

Munculnya beragam teknologi canggih di era industri 4.0 ini sudah menjadi hal yang sangat mungkin terjadi mengingat kecerdasan dan kreativitas manusia yang juga semakin berkembang.

Tak heran jika banyak kalangan yang beranggapan bahwa suatu saat teknologi akan mampu menggantikan peran manusia.

Di sisi lain, tak sedikit kalangan yang menyambut berbagai inovasi teknologi dengan tangan terbuka.

Mereka berharap hadirnya teknologi baru akan menjadi langkah awal peradaban yang maju.

Termasuk golongan manakah Anda?

Jika Anda termasuk golongan melek teknologi, tentu Anda akan penasaran dengan berbagai teknologi terkini yang mulai ramai diperbincangkan di tahun 2020 ini.

Yuk, simak uraian berikut untuk mengulik kecanggihan tren teknologi 2020!

Tren Teknologi 2020

 

 

 

 

 

5. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu tren teknologi yang masih mengalami pro dan kontra.

Kemampuannya digadang-gadang mampu menggantikan peran manusia.

Hal ini tentu saja membuat sebagian orang khawatir karena berasumsi bahwa tenaga manusia tidak akan diperlukan lagi lantaran telah tergantikan oleh teknologi yang terus menunjukkan kehebatannya di era digital ini.

Namun di sisi lain, sebagian orang menolak asumsi tersebut lantaran beranggapan bahwa hadirnya teknologi tidak untuk menggantikan peran manusia tetapi untuk meringankan pekerjaan manusia.

Tak sedikit masyarakat yang menyambut hadirnya AI dengan tangan terbuka dan bahkan dengan antusiasme yang tidak terduga, sehingga tidak sulit bagi teknologi ini untuk melebur dengan berbagai sektor industri.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh AI yang saat ini sudah banyak dimanfaatkan di berbagai industri adalah fitur chatbot dan layanan transkripsi hukum bertenaga AI.

Sektor industri yang menggunakan kedua fitur unggulan tersebut antara lain industri manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga firma hukum.

Selain itu, teknologi ini mampu beradaptasi dengan mudah dengan dunia industri karena machine learning yang dimilikinya.

Machine learning mampu melakukan pembelajaran secara lebih dalam terhadap suatu hal serta mampu mengenali secara alami terkait segala sesuatu yang dapat digunakan oleh bisnis skala besar maupun skala kecil.

Potensi besar yang dimiliki oleh AI tampaknya akan terus berkembang dan akan mempengaruhi munculnya berbagai inovasi baru di masa yang akan datang.

4. Cloud Computing

Teknologi cloud computing sudah banyak dikenal di kalangan pengembang perangkat lunak.

Teknologi ini menyajikan sistem pembayaran yang cukup fleksibel sehingga banyak diminati.

Sistem “pay as you use” yang ditawarkan oleh cloud computing memungkinkan para pengguna membayar jasanya sesuai dengan apa yang mereka gunakan.

Dengan demikian, pengguna teknologi ini dapat mengatur penggunaan sesuai kebutuhan mereka.

Wah, pilihan teknologi yang hemat bukan?

Anda juga akan menghemat biaya operasional untuk pembelian dan pemeliharaan hardware hanya dengan beralih memanfaatkan teknologi cloud yang sudah tersedia saat ini.

Segera manfaatkan kesempatan emas ini!

Cloud computing diyakini mampu menjadi pusat inovasi teknologi informasi dan telekomunikasi bersama dengan teknologi jaringan 5G dan IoT.

Hal tersebut bukan tanpa alasan lantaran Cloud memiliki hubungan yang erat dengan hampir semua teknologi informasi dan telekomunikasi yang sudah ada, termasuk big data, blockchain, AI, dan sebagainya.

Menarik sekali bukan?

Jangan sampai Anda melewatkannya!

3. Desain Modular

Modular design (desain modular) merupakan salah satu inovasi teknologi yang diyakini mampu menuai kesuksesan ketika diluncurkan pada tahun 2020.

Desain modular adalah suatu rancangan desain produk yang terdiri dari beberapa modul terpisah yang dapat dibongkar dan dipasang dengan mudah.

Teknologi ini hadir sebagai solusi dari berbagai masalah yang muncul pada saat menggunakan model tradisional untuk desain chip.

Selama ini, model tradisional pada desain chip yang telah beredar dan banyak digunakan dianggap tidak dapat memenuhi permintaan produk chip yang berkembang pesat, direproduksi, dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada.