Mengapa Harga Processor Mahal?

Diposting pada

Kekhawatiran tersebut muncul setelah Intel mengakui adanya masalah produksi, apalagi adanya rencana dalam peluncuran processor lain dengan seri 9000.

Hal tersebut juga dikutip dari Digitimes Taiwan yang menyatakan dan mengonfirmasi seluruh rumor, bahkan juga memberikan penjelasan mengenai produksi SKU 14nm menjadi permasalahan yang sedang dihadapi saat ini.

Semoga segera bisa teratasi ya!

3. Jenis Processor

Jenis Processor

Dalam dunia processor tentunya setiap jenis memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri dari segi kecepatan hingga ketahanan.

Banyak pengguna yang menyatakan bahwa harga tidak mungkin menipu, tetapi tidak selamanya hal tersebut benar.

Seperti halnya processor yang dimiliki oleh Intel dan AMD yang begitu banyak pengguna membandingkannya.

Intel sendiri memilki strategi promosi yang bagus dan menguasai pasar, sedangkan AMD masih terasa asing di sebagian telinga pengguna awam.

Sebagai contoh, apabila menggunakan dan membeli produk Intel Core i7 5960X dengan harga berkisar 4,5 juta akan setara dengan AMD Fx-8350 seharga 2,5 juta yang memiliki kecepatan dan cache yang sama yakni 4.0 GHz dan 8 MB.

Processor Intel terkenal juga lebih mahal dibandingkan processor AMD karena menggunakan daya yang lebih kecil daripada AMD.

Hal tersebut menyebabkan processor Intel apabila dijalankan akan sedikit lebih dingin dibandingkan AMD.

Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan mengganti Heatsing/Cooler dengan cooler master yang lebih besar.

Tidak hanya itu, processor AMD juga akan melakukan shutdown secara otomatis apabila keadaan sudah terlalu panas.

Tetapi pengguna AMD untuk keperluan game biasanya akan melakukan penyetingan terhadap processor-nya agar tidak mengalami mati mendadak saat melakukan permainan.

Dalam urusan cache, processor Intel tentu juga lebih unggul dibandingkan dengan AMD yakni sebesar 20 MB, sedangkan untuk AMD berada di bawahnya.

Hal lain yang juga menyebabkan suatu processor lebih mahal selain merk adalah tipenya, sebagai contoh processor Intel i7 yang memiliki cache sebesar 20 MB dengan harga 15 jutaan dibandingkan AMD dengan processor terbaiknya hanya memiliki cache 8 MB seharga 3,5 juta.

Harga yang dimiliki oleh masing-masing processor tentunya membuat para pengguna berpikir harus membeli yang mana dan disesuaikan dengan kebutuhan saat ini, khususnya penyesuaian terhadap bidang pekerjaan hingga hobi.

4. Generasi CPU

Generasi CPU

Generasi CPU semakin lama mengalami peningkatan yang signifikan, baik Intel maupun AMD.

Hal tersebut menyebabkan toko-toko alat elektronik memiliki kemungkinan kecil untuk dapat menjual banyak chipset dengan diskon tinggi tanpa adanya dukungan dari pihak perancang, termasuk pihak Intel.

Secara umum, pengguna hanya dapat mengharapkan harga processor kembali pada harga normal dan tidak mengalami kenaikan secara signifikan.

Pemerintah sebaiknya terus mencari solusi untuk memperkuat kembali nilai mata uang rupiah terhadap dollar.