Kecerdasan Buatan: Pengertian, Contoh, Fungsi, dan Jenisnya

Diposting pada

Teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan dan kegiatan manusia. Salah satu teknologi yang sedang gencar dikembangkan adalah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Contoh dari kecerdasan buatan ini bisa Anda lihat di sebuah film Marvel Studios, Iron Man.

Salah satu tokoh di film tersebut berinovasi dan membuat sebuah kecerdasan buatan bernama JARVIS (Just A Rather Very Intelligence System) untuk memudahkan pekerjaannya yaitu untuk melawan para musuh.

Kalau masih bingung, ada baiknya untuk baca artikel ini sampai habis, yuk!

AI JARVIS pada kostum Iron Man
AI JARVIS pada kostum Iron Man

1. Pengertian Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau intelegensi artifisial dalam bahasa Inggris: Artificial Intelligence (AI) merupakan kecerdasan yang dimasukkan ke suatu sistem dan bisa diatur dalam konteks ilmiah.

Terdapat beberapa pengertian kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam berbagai sudut pandang, antara lain:

Sudut pandang kecerdasan atau intelligence

Kecerdasan buatan adalah sebuah mesin cerdas dan bisa melakukan apa yang dilakukan manusia.

Sudut pandang penelitian

Kecerdasan buatan adalah suatu studi yang membuat komputer bisa melakukan seuatu sebaik apa yang dilakukan manusia.

Sudut pandang pemrograman atau programming

Kecerdasan buatan ialah suatu hal yang di dalamnya terdapat studi tentang pemrograman simbolik, proses pencarian atau search, dan pemecahan masalah.

Sudut pandang bisnis

Kecerdasan buatan merupakan suatu kumpulan peralatan yang bersifat sangat powerfull atau kuat dan metodologis dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan bisnis.

Selain itu, terdapat beberapa pendapat menurut para ahli mengenai pengertian kecerdasan buatan, antara lain:

John McCarthy

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence menurut John McCarthy adalah memodelkan suatu proses berpikir manusia dan mendesain mesin supaya bisa menirukan perilaku manusia.

H. A. Simon

Menurut H. A. Simon, kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah semua tempat penelitian, intruksi, dan aplikasi yang berkaitan dengan pemrograman komputer guna melakukan suatu hal yang dianggap cerdas oleh manusia.

Rich and Knight

Kecerdasan buatan menurut Rich and Knight adalah sebuah studi mengenai bagaimana cara agar suatu komputer melakukan hal-hal yang saat ini dilakukan manusia.

Encyclopedia Britannica

Kecerdasan buatan merupakan sebuah bagian dari ilmu komputer yang dalam menampilkan suatu pengetahuan lebih banyak memakai simbol daripada bilangan dan menjalankan suatu informasi berpedoman pada metode heuristik.

McLeod dan Schell

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) adalah suatu kegiatan penyediaan mesin seperti komputer yang mempunyai kemampuan untuk menampilkan sebuah perilaku di mana akan terlihat dan dianggap sama cerdasnya dengan manusia.

Russel dan Norvig

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bisa dikelompokkan menjadi dua dimensi utama yang membicarakan tentang penalaran atau proses berfikir dan bertindak yang kemudian AI bisa lebih dijelaskan lagi menurut kinerja dan rasionalitasnya.

Kristianto

Kecerdasan buatan menurut Kristianto adalah sebuah bagian dari ilmu pengetahuan komputer yang dibuat khusus untuk perancangan otomatisasi tingkah laku cerdas dalam suatu sistem kecerdasan komputer.

Gaskin

Menurut Gaskin kecerdasan atau artificial intelligence (AI) adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Kecerdasan diciptakan dan kemudian dimasukkan ke dalam mesin komputer supaya bisa melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia.

Kusumadewi

Menurut Kusumadewi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) adalah sebuah studi yang membuat komputer bisa melakukan sesuatu seperti yang dilakukan manusia.