6 Jenis Lensa di Smartphone dan Kegunaannya

Posted on

Hanya saja, karena jangkauan pengambilan gambar meningkat, gambar yang diambil akan terasa terdistorsi di bagian sisinya. Fenomena ini dikenal sebagai efek mata-ikan atau fish-eye effect.

Tapi untuk tetap memaksimalkan tangkapan gambar, fotografer atau pengguna smartphone bisa menggunakan lensa ini untuk foto panoramik, pemandangan kota, kebutuhan properti atau perumahan, dan bahkan gambar abstrak.

3. Lensa Telephoto

Hasil Gambar Lensa Telephoto

Smartphone memiliki fitur untuk zoom objek yang akan difoto untuk fokus. Hanya saja, biasanya dengan melakukan zoom terlalu banyak, maka gambar biasanya akan kehilangan detail. Gambar akan terasa kurang tajam, dan pikselated atau kotak-kotak ketika dicetak di atas kertas.

Terkadang, kita ingin mengambil gambar dari jarak jauh dan ingin mengambil gambar dengan baik. Karenanya, lensa ini cocok untuk kebutuhan tersebut. Para pengguna smartphone akan bisa mengambil gambar yang jauh sehingga objek tersebut terasa dekat.

4. Lensa Macro

Hasil Gambar Lensa Macro

Lensa macro biasanya banyak digunakan oleh mereka yang menggemari fotografi alam. Terutama untuk objek-objek yang kecil seperti serangga.

Jenis lensa ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar dari jarak dekat bahkan masih bisa melakukan zoom.

Gambar yang dihasilkan terlihat sangat tajam walaupun dalam kondisi sangat dekat. Dengan menggunakan lensa ini kita akan bisa menangkap detail yang sangat besar dalam suatu gambar dengan objek yang kecil.

5. Lensa Standar

Hasil Gambar Lensa Standar

Lensa standar bisa digunakan untuk beragam jenis tipe fotografi. Panjang focal lensa ini berada di kisaran menengah, biasanya di antara 35mm dan 85mm.

Lensa ini biasanya cukup untuk mengambil gambar luas dan lebar layaknya lensa wide, dan cukup bisa diandalkan juga dalam zoom. Sehingga sangat mudah digunakan bagi para pengguna smartphone fotografi.

6. Lensa Spesial

Hasil Gambar Lensa Spesial

Ada beberapa lensa spesial yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Lensa ini terlihat sangat unik untuk fotografi. Tapi, beberapa di antaranya akan menghasilkan gambar yang tidak lazim. Karenanya tidak banyak smartphone yang menggunakan lensa foto berikut.

Beberapa lensa spesial yang ada juga di smartphone biasanya adalah lensa fisheye, tilt shift lens (miniature), atau bahkan lensa inframerah.

 

Gambar: Pexels