Software: Pengertian, Sejarah, Jenis, Klasifikasi, Lisensi, dan Contoh

Diposting pada

Organisasi ini menjelaskan bahwa perangkat lunak merupakan istilah umum untuk menunjukkan sebuah koleksi data komputer dan instruksi yang terorganisir yang memiliki tugas untuk bertanggung jawab dalam mengendalikan, mengintegrasikan, dan juga mengelola komponen hardware dari sebuah sistem komputer yang ada, lalu kemudian menyelesaikan tugas tertentu di dalam komputer tersebut.

H. Juntak Teamwork

Juntak Teamwork yaitu organisasi yang telah membuat berbagai jenis buku tentang komputer beserta cara pemakaian dan pemeliharaannya.

Juntak Teamwork menyebutkan bahwa perangkat lunak merupakan konstruksi atau bangunan dari sebuah program yang disusun sedemikian rupa  serta diatur untuk sebuah sistem kerja yang dijalankannya.

 

Akhirnya dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak atau software merupakan perangkat komputer berupa program yang memiliki instruksi untuk melakukan kerja sama dengan perangkat keras dalam melakukan input data, mengecek data, menyimpan data, memanipulasi data, mengolah data, hingga melakukan presentasi data agar informasi atau output yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dari user atau penggunanya.

Software memiliki sifat yang sangat berbeda dari perangkat keras yaitu tidak dapat dilihat atau disentuh secara fisik sehingga memiliki sifat maya dan menggunakan bahasa mesin dalam pengoperasiannya.

2. Sejarah dan Perkembangan Perangkat Lunak

Sejarah dan perkembangan software memiliki perjalanan waktu dan perubahan untuk melakukan penyempurnaan yang panjang.

Pada awalnya instruksi-instruksi tersebut dibuat sangat rumit dan rahasia bagi organisasi tertentu sehingga menyebabkan tidak semua orang dapat menggunakannya.

Berbagai perangkat lunak yang ada pada saat ini berawal dari suatu konsep yang terbentuk pada tahun 1930 untuk mengembangkan komputer serbaguna dalam berbagai bentuk dan jenis.

Pengembangan ini juga semakin kuat seiring berkembangnya zaman dan struktur serta sifat-sifat masyarakat yang semakin kompleks sehingga mendorong untuk terjadinya perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Sejarah dan perkembangan software terbagi kedalam  4 era seperti di bawah ini.

2.1 Era Pioneer

Awalnya, software pada komputer berupa sambungan-sambungan kabel yang terhubung antar bagian dalam komputer.

Komputer diakses dengan cara menggunakan punched card.

Punched card merupakan kartu berlubang yang digunakan sebagai media penyimpanan.

Di era ini, komputer dibuat dan dipasang programnya untuk tujuan dan mesin tertentu saja, tidak sebebas seperti sekarang ini.

Di era ini juga software dan hardware menjadi satu kesatuan.

2.2 Era Stabil

Di era ini, software dapat melakukan kerja secara multitasking yaitu dapat menjalankan banyak proses secara serentak sehingga mempermudah pekerjaan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan satu per satu.

Selain itu juga dapat menyelesaikan instruksi secara real time atau langsung dan cepat, serta dapat diakses oleh banyak pengguna atau multi user.

Sistem basis data juga diperkenalkan di era ini yaitu suatu sistem yang memisahkan antara data dan program.

2.3 Era Mikro

Era mikro membagi software komputer menjadi beberapa bagian yaitu sebagai berikut.

  • Software sistem (biasa disebut sistem operasi) merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengontrol dan melakukan manajemen untuk perangkat keras juga operasi-operasi dasar sistem. Selain itu juga mengatur software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia, contoh dari perangkat lunak sistem adalah Windows, Linux, dan Macintosh.
  • Software aplikasi merupakan perangkat lunak yang melakukan tugas-tugas khusus, misalnya pembuatan laporan administrasi, desain grafis, pembuatan dokumen, editing foto, hingga presentasi.Contoh perangkat lunak ini adalah Office dan OpenOffice.
  • Languange software/bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan untuk membentuk struktur perangkat lunak atau secara sederhana adalah bahasa yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa pemrograman berfungsi untuk menjalankan perangkat keras komputer, contoh dari bahasa pemrograman adalah Assembler, Visual Basic, dan Delphi.

2.4 Era Modern

Munculnya perangkat lunak yang tidak hanya digunakan pada komputer ataupun laptop, tetapi hingga dapat digunakan untuk handphone misalnya Android atau Symbian.