Sistem Operasi: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Contoh

Diposting pada

Kelebihan yang dimilikinya di antaranya lebih stabil, keamanan yang dimiliki tinggi, aman dari sentuhan virus, hingga tampilannya sangat ciamik.

Biasanya komputer Apple dengan Mac OS ini digunakan oleh kalangan pebisnis profesional, desainer grafis profesional, atau para eksekutif muda.

Namun kekurangan dari sistem ini adalah tidak open source, harganya relatif sangat mahal, serta kurang optimal bila digunakan untuk gaming (pada game-game tertentu).

Contoh jenis dari Mac OS meliputi OS X, Lion 2011, Mountain Lion 2012, Mavericks 2013, Yosemite 2014, hingga El Capian 2015.

D. DOS

Setelah Microsoft mengalami perkembangan, kemudian terbentuklah sitem operasi DOS (Disk Operating System) yang menjadi awal mula operasi komputer yang dipakai IBM.

Tampilan yang dimilki DOS masih berupa hitam putih saja dan tidak terdapat gambar namun hanya tulisan.

Kelebihan yang dimiliki oleh DOS adalah ringan dan tidak menghabiskan banyak memori, memiliki ukuran yang kecil dan minimalis, serta memiliki kompatibilitas yang tinggi.

Kekurangan yang dimilikinya adalah belum adanya user interface dan instruksi hanya berupa tulisan.

Pada intinya OS ini akan sangat sulit untuk digunakan.

E. Unix

Seperti halnya DOS, Unix merupakan jenis dari OS pada generasi lawas yang menjadi cikal bakal munculnya OS pada zaman ini.

Kelebihan yang dimiliki Unix adalah gratis dan dapat dipakai secara cuma-cuma dan tidak mudah terserang oleh virus.

Namun, Unix tergolong sistem operasi yang kurang menarik dan tidak memiliki banyak driver.

9.2 Sistem Operasi pada Perangkat Mobile

Sitem operasi mobile merupakan sistem yang tugasnya mengontrol sistem dan kinerja pada gadget-gadget mobile.

Sistem operasi ini pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang tidak begitu jauh dengan sistem yang dimiliki Windows, Mac OS, ataupun Linux.

Hanya saja biasanya penggunaan sumber dayanya lebih efisien mengingat perangkat mobile menggunakan baterai dalam pengoperasiannya.

Sistem operasi yang biasanya digunakan untuk perangkat mobile di antaranya adalah Android, iOS, Windows Phone, hingga Symbian.

A. Android

Logo android
Logo android

Sistem operasi Android merupakan sistem yang memiliki basis Linux dan memiliki desain khusus untuk diterapkan dalam perangkat mobile seperti komputer tablet maupun smartphone.

OS ini pada awalnya dikembangkan oleh Android,Inc yang dananya dibantu oleh pihak Google.

Namun pada tahun 2005 akhirnya Google membeli OS tersebut kemudian merilisnya kembali pada tahun 2007.

Kelebihan yang dimiliki OS ini adalah memiliki sifat yang open source, mendukung dalam penggunaan USB Mass Storage, didukung oleh aplikasi yang terdapat di Google Play Store, dan memiliki sifat multi tasking.

Namun Android memiliki kekurangan karena dapat dengan mudah diserang oleh malware dan penggunaan baterai yang boros saat pemakaiannya terlalu sering.

Informasi lengkap dan mendalam mengenai OS Android dapat dilihat pada artikel Kupas Tuntas Teknologi Android.

B. iOS

iOS sendiri merupakan OS yang bergerak dan didistribusikan oleh perusahaan Apple Inc tahun 2007 untuk iPod Touch dan iPhone.