Sistem Operasi: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Contoh

Diposting pada

Contohnya pada CPU, disk drive, memori, dan perangkat lainnya.

4.9 Interpretasi

Interpretasi pada OS adalah untuk penerjemahan sebuah perintah dan intuksi-intruksi antara pengguna dengan sistem.

Interpretasi menyediakan fasilitas yang mudah untuk sistem pada komputer dan hubungannya dengan user (pengguna).

5. Bagian-bagian OS

Secara umum OS merupakan pengelola keseluruhan sumber daya dalam komputer serta menyediakan beberapa layanan (system calls) untuk pengguna sehingga dapat memudahkan serta menyamakan pemanfaatan dan penggunaan sumber daya yang ada.

Secara umum pula, sistem ini memiliki beberapa bagian yaitu, mekanisme boot, command interpreter, resource allocator, handler, dan driver.

5.1 Mekanisme Boot

Bagian mekanisme boot akan meletekkan “Kernel” ke memori “Kernel” yang merupakan inti dari sistem ini.

5.2 Command Interpreter

Command interpreter (Shell) bertugas dalam membaca input yang berupa perintah sekaligus menyediakan beberapa fungsi standar hingga dasar untuk dipanggil oleh aplikasi ataupun program dan perangkat lain.

Contoh dari command interpreter berada pada Windows XP adalah prompt, dan pada Unix terdapat XTrem dan Konsole.

5.3 Resource Allocator

Resource allocator akan bertugas untuk pengaturan dan pengalokasian sumberdaya dari perangkat.

5.4 Handler

Handler bertugas untuk mengendalikan sistem dalam perangkat agar dapat terhindar dari penggunaan resource yang tidak diperlukan dan error.

5.5 Driver

Driver bertugas melakukan interaksi dengan perangkat keras dan mengontrol kerja dari hardware.

6. Penggunaan OS

Sistem operasi dapat dijalankan oleh beberapa pengguna dan dapat juga digunakan untuk menjalankan berbagai program dalam waktu yang bersamaan.

Oleh karena itu berikut beberapa tipikal penggunaan sistem operasi.

Sistem ini dibagi menjadi empat jenis yaitu, (1) single user-single tasking, (2) multi user-single tasking, (3) single user-multi tasking, dan (4) multi user-multi tasking.

Single user-single tasking terdiri dari satu komputer yang digunakan oleh satu pengguna yang menyebabkan dapat menjalankan satu program dalam satu waktu.

Sedangkan untuk multi user-sinlge tasking digunakan oleh banyak pengguna dengan menggunakan satu komuter, sehingga masing-masing dari pengguna dapat menjalankan satu program dalam satu waktu.

Single user-multi tasking hanya digunakan oleh satu pengguna dalam satu komputer, sehingga pengguna dapat menjalankan berbagai macam program pada satu waktu.

Kemudian pada multi user-multi tasking terdapat banyak pengguna dengan satu komputer yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai program dalam satu waktu.

7. Evolusi Kinerja OS

Evolusi pada sistem ini dimulai sejak pertama kali komputer diciptakan yang perkembangannya meliputi software dan hardware.

Sebuah alasan kenapa sistem operasi harus mengalami perkembangan dikarenakan semakin tingginya pengguna serta perkembangan teknologi juga semakin pesat.

Evolusi pertama pada sistem ini dimulai dengan perkembangan sistem batch, kemudian berkembang menjadi sistem time sharing, personal computer, sistem terdistribusi, hingga sistem real time yang digunakan oleh komputer pada kondisi sekarang ini.

7.1 Sistem Batch

Pada sistem ini, pengumpulan perintah (task) maupun kegiatan dan sejenisnya yang kemudian dieksekusi oleh perangkat CPU.

7.2 Sistem Time Sharing

Dalam Time Sharing (multi tasking system) pemindahan perintah (task) maupun kegiatan atau aktivitas akan langsung dieksekusi oleh perangkat CPU dengan cara berpindah-pindah di antara job-job (perintah).

7.3 Sistem Personal Computer

Sistem Personal Computer tercipta berkat perangkat keras (hardware) keadaannya semakin murah di pasaran, sehingga kecenderungan komputer dipakai oleh single user.

7.4 Sistem Terdistribusi

Pada sistem ini, masing-masing resource pemakaiannya dapat dibagi dengan seluruh komputer yang tergabung dalam sebuah sistem.

7.5 Sistem Real Time (waktu nyata)

Sistem Real Time harus menghasilkan tanggapan yang tepat untuk batas waktu yang sebelumnya telah ditentukan.