Pengertian dan Jenis-Jenis Fast Charging di Smartphone

Diposting pada

Sebagai tambahan, Oppo sendiri adalah satu-satunya perusahaan besar yang menggunakan baterai gallium nitride (GaN) di dalam smartphonenya untuk memberikan performa dan ketahanan yang lebih baik.

4. Samsung Adaptive Fast Charging

Dengan menggunakan adapter pilihan Samsung 10V/4.5W, Galaxy S20 Ultra dan Note 10+ secara teori bisa mengisi baterai dalam 45W. Sementara kebanyakan smartphone flagship Samsung terkini mendukung Adaptive Fast Charging hingga 25W dengan adapter yang sudah termasuk dalam dus pembelian.

Perlu dicatat bahwa beberapa smartphone Samsung mendukung versi lebih lama dari Qualcomm Quick Charge. Sehingga pengguna akan melihat lebih banyak kecepatan saat menggunakan adapter yang sudah tersertifikasi Samsung.

5. Wireless Fast Charging

Wireless Fast Charging

Ada juga wireless fast charging.

Wireless fast charging tentu saja akan lebih memudahkan untuk gadget, hanya saja memang kecepatannya tidak sebaik fast charging menggunakan kabel.

Kebanyakan wireless chargers tidak memiliki sistem pendingin atau kipas akan membatasi kecepatan charging hanya 5V/1A.

Tapi kini ada banyak perusahaan yang menawarkan dudukan fast wireless charging. Biasanya dudukan ini memiliki kipas di dalamnya untuk menurunkan panas, sehingga bisa gadget bisa di-charge dengan kecepatan yang hampir menyerupai fast charging kabel.

Voltase dan juga ampere tergantung pada dudukan charger yang digunakan. Lagi-lagi, kita tetap perlu untuk melihat dan menyesuaikannya dengan kemampuan daya tampung dari gadget kita.

Jika terlalu rendah, gadget tidak akan terisi baterainya secara cepat. Tapi jika terlalu tinggi, bisa jadi malah merusak kelistrikan di dalam gadget kita.

3. Yang Dibutuhkan Untuk Fast Charging

Tergantung dari apa jenis gadget yang digunakan. Karenanya, alat fast charging yang bisa digunakan bisa bervariasi.

Lihat apa yang didukung oleh smartphone atau gadget, lalu cari adapter dinding sehingga bisa digunakan dalam colokan yang tepat.

Pastikan juga jika kabelnya kompatibel dengan apa yang digunakan oleh kabel standar dari gadget atau smartphone.

Jika membutuhkan adapter, kabel, atau dudukan wireless charging baru, pastikan bahwa semua itu bisa digunakan di gadget layaknya gadget standar.