Pakai Teknologi Ini Agar Bisnis Makin Melesat

Tak heran jika Fintech menjadi salah satu primadona di dunia bisnis.

2. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) merupakan salah satu teknologi besutan era industri 4.0 yang diyakini mampu membawa banyak pengaruh penting di dunia bisnis.

Saat ini, IoT sudah banyak dimanfaatkan di bidang bisnis modern dilihat dari banyaknya permintaan perangkat pintar dan gadget yang mulai dijadikan sebagai salah satu standar teknologi di dunia bisnis.

Tingginya permintaan tersebut memaksa munculnya berbagai jenis perangkat IoT baru yang harus segera diluncurkan demi memenuhi permintaan pasar.

Beberapa perangkat IoT yang banyak digandrungi adalah Google assistant, Echo, Amazon Alexa, dan sejenisnya.

Perangkat-perangkat tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu cara jitu untuk memperluas pangsa pasar dari bisnis yang Anda geluti.

Walaupun perkembangan IoT di Indonesia belum menunjukkan keberhasilan yang nyata, tetapi implementasi yang baik di awal kemunculannya akan sangat berdampak bagi perkembangan bisnis di masa mendatang.

Jika tidak segera dimulai, kapan akan berhasil?

1. Artificial Intelligence dan Big Data

Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu tren teknologi yang masih mengalami pro dan kontra.

Kemampuannya digadang-gadang mampu menggantikan peran manusia.

Hal ini tentu saja membuat sebagian orang khawatir karena berasumsi bahwa tenaga manusia tidak akan diperlukan lagi lantaran telah tergantikan oleh teknologi yang terus menunjukkan kehebatannya di era digital ini.

Namun di sisi lain, sebagian orang menolak asumsi tersebut lantaran beranggapan bahwa hadirnya teknologi tidak untuk menggantikan peran manusia tetapi untuk meringankan pekerjaan manusia.

Tak sedikit masyarakat yang menyambut hadirnya AI dengan tangan terbuka dan bahkan dengan antusiasme yang tidak terduga.

Oleh karena itu, AI dan Big Data saat ini cukup mudah melebur dengan berbagai sektor industri dan perusahaan yang ada.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh AI dan Big Data yang saat ini sudah banyak dimanfaatkan di berbagai industri adalah fitur chatbot dan layanan transkripsi hukum bertenaga AI.

Sektor industri yang menggunakan kedua fitur unggulan tersebut antara lain industri manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga firma hukum.

Selain itu, AI dan Big Data mampu beradaptasi dengan mudah dengan dunia industri karena machine learning yang dimiliki oleh kedua teknologi tersebut.

Machine learning mampu melakukan pembelajaran secara lebih dalam terhadap suatu hal serta mampu mengenali secara alami terkait segala sesuatu yang dapat digunakan oleh bisnis skala besar maupun skala kecil.

Potensi besar yang dimiliki oleh AI tampaknya akan terus berkembang dan akan mempengaruhi munculnya berbagai inovasi baru di dunia bisnis di masa yang akan datang.

Tidak hanya AI yang hadir dengan kemampuan unggulannya, Big Data pun hadir mewarnai dunia bisnis sebagai salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Perkembangan AI dan Big Data di Indonesia memang terbilang masih terbatas, tetapi perkembangan yang ada sudah sangat membantu para pegiat bisnis di Indonesia dalam menjalankan bisnis yang mudah, praktis, dan inovatif.

Apakah Anda masih ragu untuk memulai bisnis Anda sekarang?

Setelah membaca uraian di atas, apakah Anda semakin yakin untuk memulai bisnis Anda sekarang?

Setiap teknologi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Pertimbangkan dengan baik hal tersebut dan segera pilih teknologi yang tepat bagi bisnis andalan Anda!