Mengenal Apa Itu QRIS

Posted on

Pada jenis pembayaran ini, pengguna hanya perlu melakukan scan kemudian memasukkan nominal, memasukkan PIN dan klik bayar.

Secara otomatis, notifikasi transaksi akan langsung diterima oleh pengguna maupun merchant.

QRIS MPM Statis sangat cocok digunakan untuk usaha mikro dan kecil.

Jenis pembayaran kedua adalah MPM Dinamis.

Pada jenis pembayaran ini, QR dikeluarkan melalui suatu device menyerupai mesin EDC atau smartphone dan dapat diperoleh secara gratis.

Bedanya, pada MPM Dinamis merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu kemudian pelanggan melakukan scan QRIS yang tampil atau tercetak.

QRIS MPM Dinamis direkomendasikan untuk usaha menengah dan besar dengan volume transaksi yang tinggi.

Selanjutnya, jenis pembayaran yang ketiga adalah CPM.

Dengan CPM, pelanggan cukup menunjukkan QRIS yang ditampilkan oleh aplikasi pembayaran pelanggan untuk di-scan oleh merchant.

QRIS CPM lebih direkomendasikan untuk merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi, seperti penyedia transportasi, parkir, dan ritel modern.

Namun, QRIS CPM masih dalam tahap uji coba.

Semoga segera menemukan hasil terbaik ya.

7. Keunggulan QRIS

Seperti yang dilansir oleh Bank Indonesia, QRIS digadang-gadang memiliki karakteristik UNGGUL, yang merupakan kepanjangan dari UNiversal, GampanG, Untung, dan Langsung.

Dikatakan UNiversal karena QRIS dapat menerima pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran apapun yang menggunakan QR Code, sehingga masyarakat tidak perlu memiliki berbagai macam aplikasi pembayaran.

GampanG, karena transaksinya dapat dilakukan dengan mudah, cukup scan, klik, dan bayar.

Untung, karena pengguna dapat menggunakan akun pembayaran QR apapun dan merchant cukup memiliki satu akun untuk menerima semua pembayaran.

Langsung, karena pembayaran akan langsung diproses seketika dan notifikasi transaksi akan langsung masuk tanpa harus menunggu lama.

 

Itulah beberapa penjelasan tentang QRIS.

Jangan lupa segera beralih menggunakan QRIS untuk sistem pembayaran yang lebih mudah, praktis, cepat, dan aman.

Semoga bermanfaat.