Mengenal AMD Ryzen

Diposting pada

Kemudian setelah perilisan AMD Ryzen dengan arsitektur Zan, memberikan peningkatan lebih dari 52% dan IPC dibandingkan dengan core AMD Bulldozer tanpa harus adanya penigkatan daya.

Threadripper generasi terbaru, yang dirancang untuk desktop kelas atas (High End Desktop/HEDT) awalnya bukanlah rencana bisnis, sebuah tim kecil dalam perusahaan AMD melihat peluang untuk mengembangkan produk Ryzen dan Epyc yang nantinya akan memberikan keunggulan untuk AMD.

Dengan 16 core dan 32 thread,ada beberapa tugas yang dapat dilakukan oleh Threadripper, yakni pengeditan video UltraHD, rendering 3D, CAD, gaming, dan masih banyak lagi.

Pengguna dapat melakukannya secara bersamaan yang dimana keunggulannya mampu menghilangkan kebutuhan akan penggunaan sistem ganda atau dua PC terpisah untuk melakukannya.

Setelah masa pengeembangan secara mandiri, proyek terseebut disetujui dan dimasukkan kedalam peta jalan resmi tahun 2016.

Sejak Ryzen dirilis, pangsa pasar CPU AMD meningka sementara Intel mengalami stagnasi.

2. Penamaan Generasi Ryzen

Nama yang disematkan pada jenis prosesor buatan AMD ini tentunya memiliki arti dan tidak hanya sekedar tulisan saja.

Hingga saat ini AMD Ryzen memiliki empat jenis yang terdiri atas Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9, dan Ryzen Threadripper.

Angka yang disematkan pada setiap prosesor  tersebut memiliki arti, yakni angka 3 memiliki arti bahwa prosesor tersebut merupakan generasi ketiga dari Ryzen dan menggunakan mikroarsitektur Zen 2 (12 nm).

Apabila angka depannya 1, maka hal ini berarti bahwa prosesor tersebut adalah generasi pertama dengan mikroarsitektur Zen (14 nm).

Sementara bila angka depannya adalah 2, maka prosesor tersebut adalah generasi kedua ddengan mikroarsitektur Zen+ (12 nm).

Meski demikian, angka di depan tidak selalu berarti sama dengan generasinya, seperti AMD juga memberikan angka 4 pada prosesor generasi ketiganya.

Jadi, generasi ketiga dari Ryzen ada yang menggunakan angka depan 4 dan yang terbaru, generasi keempat kemudian diberi awalan dengan angka 5.

Prosesor generasi keempat ini didukung mikroarsitektur Zen 3 (7 nm).

Kemudian untuk angka 7 pada Ryzen 3750H merupakan level performa pada kelasnya.

Makin tinggi angka yang disematkan, berarti semakin tinggi performa yang dimiliki oleh AMD.

Biasanya dalam hal ini, AMD memakai angka 7 dan 8 untuk level enthusiast, serta angka 4, 5, dan 6 untuk level high performance.

Lalu, angka 5 dan 0 pada Ryzen 3750H digunakan untuk mempertegas kedudukannya sebagai prosesor berforma tinggi.

Akan tetapi, angka ketiga dan keempat pada penamaan juga dapat digunakan untuk membedakannya dengan model lain dan generasu yang sama.

Untuk hrif H pada Ryzen 3750H memiliki makna bahwa prosesor ini memiliki performa yang tinggi untuk laptop.

Selain huruf H, huruf lain yang dipakai oleh AMD yakni X, G, GE, T, dan U dengan huruf X untuk prosesor komputer desktop dengan performa tinggi.

3. Harga Processor

Processor AMD Ryzen setelah dirilis secara resmi, kemudian difungsikan untuk kebutuhan produktivitas dan gaming.