Internet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak

Posted on

8. Dark Web

Ilustrasi Dark Web
Ilustrasi Dark Web

Apa itu Dark Web? Dark web atau disebut juga dark net merujuk pada bagian tersembunyi dari internet. Situs ini hanya sekian persen dari seluruh konten website yang ada di internet dan dirancang untuk menjadi pusat kegiatan illegal seperti pornografi, perjudian, jual beli obat-obat terlarang, jual beli senjata api hingga terorisme.

Dibutuhkan Tor (The Onion Router) Browser dan VPN untuk dapat mengakses website ini. Tor ini menjadi semacam pelindung untuk menyembunyikan identitas dan lokasi pengguna sehingga tidak terdeteksi. Banyak orang yang mengira bahwa deep web sama dengan dark web. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

Perbedaan antara deep web dan dark web di antaranya:

  • Deep web merujuk pada situs website yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari sedangkan dark web dirancang dengan enkripsi tertentu yang sengaja disembunyikan
  • Pengguna deep web tidak memerlukan aplikasi tambahan seperti VPN untuk mengakses deep web sedangkan pengguna dark web membutuhkan Tor Browser dan VPN untuk akses dark web
  • Jutaan halaman deep web bisa diakses dengan aman setiap hari sedangkan laman dark web cukup berbahaya untuk diakses
  • Jumlah deep web merupakan bagian terbesar dari internet sedangkan jumlah dark web merupakan bagian kecil dari deep web
  • Konten deep web bersifat legal sedangkan konten dark web bersifat illegal

9. Intranet

Pengertian Intranet adalah private network (versi pribadi dari jaringan internet) yang digunakan untuk membagi informasi yang bersifat rahasia bagi perusahaan kepada karyawannya. Tak jarang, intranet berkaitan dengan situs website internal sebuah perusahaan.

Beberapa komponen yang diperlukan untuk menyusun sebuah intranet di antaranya protokol internet (alamat IP, Protokol TCP/ IP, dan protokol lainnya), client, dan server.

Awal pengenalan intranet diketahui pada tahun 1995 oleh penjual produk internet. Produk ini merujuk pada kebutuhan informasi dalam bentuk website di dalam suatu perusahaan. Saat ini, tidak hanya perusahaan yang menggunakan intranet, namun beberapa sekolah juga sudah menerapkan teknologi intranet.

Intranet bisa digunakan untuk membantu berbagai kegiatan seperti memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi, manajemen proyek, manajemen hubungan dengan pelanggan dan manajemen proyek.

Manfaat intranet untuk sekolah di antaranya membantu dalam membuat pengajaran dan pembelajaran di sekolah, membantu dalam pengembangan kurikulum, serta membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan secara cepat.

Beberapa perbedaan dengan internet di antaranya:

  • Internet bersifat publik sementara intranet bersifat pribadi
  • Internet memiliki jaringan luas sedangkan intranet memiliki jaringan sempit
  • Infomasi di dalam internet bisa diakses semua orang sedangkan informasi dalam intranet hanya dapat diakses oleh user dalam ruang lingkup tertentu
  • Internet berisi seluruh jenis file sedangkan intranet biasanya diatur untuk beberapa jenis konten saja
  • Internet dapat diakses kapan di mana saja sedangkan intranet hanya dapat diakses pada lokasi tertentu saja

Itulah beberapa informasi penting terkait internet. Semoga wawasan yang Anda dapatkan dari artikel ini dapat Anda bagikan ke orang lain. Terimakasih sudah membaca!