Internet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak

Diposting pada

4.3 Mailing List

Mailing List atau lebih dikenal dengan nama Milis merupakan group discussion yang ada pada internet. Sebelum menikmati fasilitas Milis, pengguna harus mengirimkan e-mail kepada subscription address yang kemudian menunggu persetujuan terlebih dahulu dari moderator Milis. Kegiatan yang biasa dilakukan dengan fasilitas ini adalah bertukar informasi dan pendapat.

4.4 Bulletin Board System (BBS)

Bulletin Board System merupakan pusat layanan informasi yang menyediakan informasi terkait bidang tertentu. Melalui fasilitas ini, para pengguna bisa saling bertukar informasi tentang topik tertentu. Selain itu, para pengguna BBS bisa mengunggah serta mengunduh berita dari sesama pengguna dengan sangat mudah.

4.5 Newsgroup

Sama dengan milis, newsgroup merupakan fasilitas discussion group yang terdapat di internet. Diperlukan suatu jaringan komputer yang khusus untuk mengakses newsgroup atau yang disebut dengan UseNet.

Setiap newsgroup disusun berdasarkan satu topik yang bersifat umum, kemudian dibagi menjadi beberapa sub topik yang bersifat lebih spesifik.

4.6 Telnet

Fasilitas internet yang lain adalah telnet (telecommunication network) adalah suatu protokol jaringan untuk mengakses (login) komputer jarak jauh dalam sebuah jaringan. Cara kerja telnet hampir sama dengan FTP, yaitu memiliki client dan server.

Server memiliki tugas menghubungkan Transfer Control Protocol (TCP) dengan server yang tersedia, sedangkan client memiliki tugas untuk memberikan infornasu ke software bahwa jaringan komputer pengguna sudah siap digunakan.

4.7 Video Streaming

Video streaming merupakan fasilitas yang dapat dinikmati di internet untuk melihat suatu video melalui browser. Video streaming memungkinkan adanya pengiriman gambar secara berkelanjutan tanpa menunggu video tersebut tersampaikan secara keseluruhan. Gambar yang dikirimkan disiarkan langsung melalui website ini disebut sebagai live streaming.

4.8 Audio Streaming

Selain video streaming, fasilitas lain yang ada di internet adalah audio streaming yang digunakan untuk mendengarkan siaran audio secara langsung. Aplikasi audio streaming yang kini sangat digandrungi di antaranya adalah Spotify, Joox dan iHeart. Aplikasi ini sangat memungkinkan pengguna mendengarkan musik atau rekaman audio kesukaannya di mana pun mereka berada.

5. Dampak Internet

Ilustrasi Dampak Buruk Internet bagi Manusia
Ilustrasi Dampak Buruk Internet bagi Manusia

Pengunaan internet tentu memiliki dampak yang berbeda bagi penggunanya, baik positif maupun negatif.

Dampak positif penggunaan internet di antaranya:

  • Menambah wawasan dan pengetahuan
  • Media untuk memperkenalkan diri pada dunia luar
  • Mempererat komunikasi jarak jauh
  • Mempercepat arus komunikasi
  • Memudahkan dalam mencari lowongan pekerjaan
  • Menambah relasi juga teman
  • Menjadi media yang baik untuk berbisnis

Dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunaan internet di antaranya:

  • Mudah tersebarnya berita bohong (hoax)
  • Menjadi tempat menyampaikan ujaran kebencian bahkan kepada seseorang yang sama sekali tidak dikenal
  • Menjadi media untuk melakukan penipuan
  • Tersebarnya data pribadi secara mudah sehingga memicu penyalahgunaan data dan menyebabkan kerugian secara finansial
  • Penggunaan internet yang tidak bijak dapat menimbulkan perpecahan di antara masyarakat misal dengan menyebarkan informasi yang berbau SARA
  • Pelanggaran hak cipta atas karya yang orang lain telah ciptakan karena merasa bahwa segala sesuatu yang ada di internet bisa didapatkan secara cuma-cuma.
  • Penggunaan internet yang berlebihan dapat memicu gangguan kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental yang dapat timbul akibat penggunaan internet yang berlebihan di antaranya kecanduan media sosial, merasa tidak puas dengan kehidupan yang sedang dijalani, merasa bahwa kehidupan yang orang lain miliki jauh lebih menyenangkan, bahkan dapat memicu depresi. Gangguan ini tidak hanya berpotensi bagi orang dewasa, namun juga bagi remaja dan anak-anak.

Dampak negatif dan bahaya dari penggunaan internet adalah hal yang sulit dihilangkan. Namun tentu, dampak negatif dan bahaya dari penggunaan internet bisa dihindari. Hal yang bisa dilakukan untuk menghindarinya adalah manajemen waktu dalam menggunakan internet. Selain itu, berhati-hati dalam menyebarluaskan informasi terutama informasi yang mengandung data yang bersifat sangat pribadi.