Internet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak

Diposting pada

3. Fungsi Internet

Kehadiran internet tentu sulit dipisahkan di era globalisasi ini. Peristiwa yang terjadi di suatu negara bisa sangat mudah diketahui oleh orang-orang di negara lain dengan cepat berkat adanya jaringan komunikasi ini. Oleh karena itu, jaringan komunikasi ini berperan penting dalam mengakses berita terkini.

Kegunaan Internet berperan sangat penting dalam mencari juga berbagi berbagai sumber daya. Para penggunanya bisa dengan sangat mudah mendapatkan buku, jurnal, hasil penelitian, foto, video, desain, dan lain-lain. Bahkan, para penggunanya tidak perlu beranjak dari tempat duduknya untuk mendapatkan semua sumber daya yang dibutuhkan.

Media komunikasi yang bisa dipakai saat ini semakin beragam dengan adanya internet, beragam media sosial, dan aplikasi chatting semakin memfasilitasi para penggunanya. Jarak ribuan mile terasa tak berarti dengan hadirnya kemudahan komunikasi dengan internet.

Akses informasi juga semakin cepat dengan adanya internet. Para pengguna tidak perlu repot pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi tertentu. Segala macam informasi yang dibutuhkan bisa dibaca melalui buku digital atau yang disebut dengan e-book.

Selain memberikan manfaat dalam penyebaran informasi dan media komunikasi, keberadaannya  juga bermanfaat dalam kegiatan jual beli. Proses jual beli menjadi lebih mudah dan murah. Oleh karena itu, kehadirannya membuat bisnis e-commerce berkembang dengan begitu pesat.

Internet juga menjadi sumber hiburan bagi penggunanya. Berbagai macam hiburan bisa dengan mudah didapatkan mulai dari mulai mendengarkan musik, menonton film, dan drama, hingga menonton konser bisa dilakukan dengan mudah. Hanya diperlukan aksesnya yang stabil untuk menikmati berbagai macam hiburan tersebut.

Era digital seperti sekarang ini, internet juga menjadi peluang untuk meraup rezeki. Pundi-pundi rupiah bisa dikumpulkan dengan mengunggah berbagai macam video menarik. Pekerjaan dengan memanfaatkan fasilitasnya yang tidak bisa dianggap remeh di antaranya adalah food blogger, beauty blogger, YouTuber hingga para penyanyi yang meng-cover lagu-lagu yang sedang viral di kalangan para pendengar.

4. Fasilitas yang Tersedia

Internet menyediakan berbagai macam fasiltas untuk penggunanya, di antaranya e-mail, FTP, mailing list, BBS, newsgroup, telnet, video streaming, dan audio streaming.

4.1 E-mail

E-mail merupakan surat elektronik yang bisa dikirim melalui komputer, laptop maupun piranti elektonik lainnya. Tidak hanya pesan yang bisa dikirim melalui email, melainkan foto, video hingga berbagai macam dokumen.

Email bisa dikirim dari satu orang ke beberapa orang sekaligus, tentu fasilitas ini sangat efisien digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 FTP (File Transfer Protocol)

FTP merupakan fasilitas lain di internet untuk mengirimkan berbagai macam berkas antar komputer. FTP dibagi menjadi dua, yaitu FTP Server yang berfungsi memberi layanan tukar menukar file dan FTP Client yang berfungsi mengirimkan permintaan (request) kepada FTP Server.

Apabila FTP Client telah terhubung dengan FTP Server, maka FTP Client dapat mengunduh, mengunggah, mengganti nama serta menghapus berkas sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP Server.