GPS: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Komponen, dan Jenis

Diposting pada

Sejauh apapun jalan yang ditempuh, tujuan akhir pasti selalu rumah. Tapi jikalau ternyata jalan yang dilalui untuk kembali menuju rumah salah bagaimana? Untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas teknologi navigasi yang sangat canggih, GPS.

Artikel ini akan membahas secara lengkap dan mendalam mengenai teknologi sistem pemosisi global yang saat ini sudah banyak digunakan karena tertanam di berbagai gadget populer.

Pengertian GPS, fungsi, cara kerja, dan komponen
Pengertian GPS, fungsi, cara kerja, dan komponen

1. Pengertian GPS

Global Positioning System atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai sistem pemosisi global merupakan teknologi yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia dan umum dikenal dengan istilah GPS.

GPS adalah teknologi yang menggunakan sinyal dari satelit yang bisa membantu dan mempermudah manusia dalam kegiatan sehari-hari, seperti untuk mengetahui posisi dengan cepat, menentukan rute perjalanan, mengetahui ketinggian suatu tempat, bahkan untuk melihat situasi lalu lintas terkini.

Sederhananya GPS itu sistem pelacak posisi.

Dikatakan sistem pelacak posisi karena dengan alat ini kita dapat mengetahui koordinat di mana kita berada atau koordinat lokasi yang ingin kita ketahui dengan bantuan dari satelit navigasi.

Alat ini dapat digunakan kapanpun dan di manapun di seluruh penjuru permukaan bumi dalam 24 jam per hari.

Definisi lain menurut sumber dari buku yang berjudul Location Based Service, GPS yaitu teknologi dengan sistem navigasi menggunakan satelit yang diciptakan untuk membantu dalam mengetahui atau mendapatkan informasi dan posisi secara cepat di seluruh tempat di penjuru bumi kapanpun itu dengan kondisi apapun.

Dengan adanya alat ini pengguna dipastikan dapat mengetahui atau melacak posisi banyak hal seperti kendaraan, pasukan/lawan, mobil, dan sebagainya pada keadaan yang sesungguhnya (real time).

2. Sejarah Perkembangan

2.1 Uni Soviet dan GPS Pertama

Sejarah perkembangan sistem pemosisi global atau teknologi dengan sistem navigasi menggunakan satelit di Amerika Serikat bermula ketika terinspirasi oleh negara Uni Soviet.

Pada tahun 1957 negara Uni Soviet menerbitkan atau meluncurkan satelit, satelit tersebut merupakan satelit mereka yang pertama dengan nama Sputnik.

Kemudian negara Amerika Serikat langsung mengembangkan Global Positioning System pada tahun 1960.

Pada tahun itu, departemen pertahanan AS merasa perlu memiliki teknologi dengan sistem navigasi yang akurat, dapat berfungsi secara global, dan tersedia setiap saat.

Maka terbentuklah teknologi Global Positioning System yang dibentuk, diciptakan, digunakan, dibiayai, dan dikelola oleh Departemen Pertahanan AS sebagai sistem navigasi kemiliteran AS.

Berbagai macam teknologi telah diuji coba, hingga di akhir tahun 1973 akhirnya Departemen Pertahanan AS memberikan izin atau persetujuan untuk melaksanakan uji coba satelit yang bernama satelit Navstar.

2.2 Satelit Navstar

Ilustrasi satelit GPS
Ilustrasi satelit GPS