Daftar Gadget untuk yang Hobby Hiking

Posted on

Kegiatan pendakian gunung merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh berbagai kalangan lantaran dapat meminimalisir tingkat stres berlebih akibat aktivitas maupun pekerjaan yang dilakukan sehari-hari.

Bagi pendaki gunung, pastinya selalu mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan saat melakukan pendakian.

Untuk pendaki pemula juga jangan sampai keliru membawa barang-barang yang tidak dibutuhkan, maka perlu pengetahuan sebelumnya.

Biasanya, kebutuhan hiking telah dipersiapkan di dalam tas carrier.

Perlengkapan yang di bawa oleh pendaki biasanya seperti obat-obatan, makanan, minuman, pelindung tubuh, peralatan masak, tenda, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Hal itu dipersiapkan guna mempermudah kebutuhan selama perjalanan hiking.

Karena saat dalam perjalanan menuju puncak gunung, tidak ada yang menjual perlengkapan pribadi.

Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan barang tersebut sebelum melakukan pendakian gunung.

Nah untuk membatu dalam perjalanan hiking, berikut aplikasi dalam ponsel dan peralatan gadget berteknologi tinggi yang wajib ada untuk menunjang perjalanan mendaki gunung.

1. AllTrails dan Weatherbug – Forecast & Radar

Salah satu aplikasi yang wajib dimiliki saat melakukan pendakian di gunung adalah AllTrails.

Aplikasi ini memiliki koleksi database berupa rute perjalanan yang sangat banyak.

Alltrails juga membantu dalam pemilihan rute perjalanan untuk anak-anak dan pemula saat kegiatan hiking berlangsung.

Fitur lain yang terdapat dalam AllTrails adalah dapat menciptakan rute hiking yang dilengkapi foto dan teks, GPS tracking, dan membagikannya untuk pengguna lain.

Tidak hanya itu, sebelum melakukan hiking, hal pertama yang perlu pendaki ketahui adalah kondisi cuaca di daerah gunung yang akan dikunjungi.

Pendaki yang melakukan pendakian tidak ingin mendaki dalam kondisi cuaca yang buruk karena dapat membahayakan keselamatan.

Oleh karena itu, perlu adanya pengunduhan dan instalasi aplikasi bernama Weatherbug – Forecast & Radar yang berfungsi untuk memberikan informasi perkiraan cuaca saat ini hingga beberapa hari kedepan dengan ketelitian cukup akurat.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur curah hujan, peringatan petir, suhu lokal, UV, dan fitur-fitur lain yang tidak kalah bergunanya.

2. SAS Survival Guide dan Viewranger

Aplikasi bernama SAS Survival Guide memberikan sebuah panduan bagaimana agar para penjelajah dapat bertahan hidup ketika sedang berada di alam bebas.

Panduan yang diberikan tidak hanya diperuntukkan untuk penjelajah di pegunungan, tetapi juga di gurun, laut, hingga perkotaan.

Ssedangkan, salah satu aplikasi yang tergolong populer di dalam kalangan para pendaki gunung adalah Viewranger.

Aplikasi yang bernama Viewranger, akan membantu untuk merencanakan pendakian, merekam dan membagi perjalanan outdoor ke sesama pendaki gunung hingga menavigasi perjalanan.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membantu menemukan para pendaki yang tersesat karena sistem GPS yang dimilikinya.

3. Panorama 360 Camera dan First Aid by Red Cross

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam pemotretan pemandangan dari puncak gunung atau pemandangan sekitar dalam bentuk kamera 360 derajat.