Cara Scan Dokumen Menggunakan HP

Apabila Anda ingin mengunci pemindaian dokumen dalam bentuk PDF, Anda hanya perlu memilih ikon “Unggah (Upload)” , kemudian pilih PDF dan ketuk “Selesai (Done)”.

3. Download CamScanner – Phone PDF Creator

CamScanner-Aplikasi Scan Dokumen

Apabila sebelumnya Anda tidak dapat menggunakan Google Drive sebagai alternatif untuk melakukan scan dokumen, masih banyak aplikasi gratis yang terdapat di Google Play Store.

Salah satu aplikasi yang cukup populer dan digunakan oleh kebanyakan orang adalah CamScanner – Phone PDF Creator.

CamScanner menawarkan fitur yang dapat digunakan untuk melakukan pemindaian dokumen secara efektif dan efisien.

Dengan berbekal kamera ponsel, Anda dapat memindai kwitansi, faktur, sertifikat, kartu nama, dan dokumen lainnya dengan mudah.

Pengguna aplikasi ini dapat menjadikan hasil pemindaian lebih sempurna dengan fitur penambah otomatis dan smart shortcut yang terdapat di aplikasi.

Aplikasi ini secara cepat menemukan pemindaian khusus dengan fitur pencarian cepat hanya dengan memasukkan kata kunci dan dapat menghemat waktu untuk mencari dokumen yang diinginkan.

Selain itu, Anda juga dapat berbagi file PDF atau JPG melalui media sosial maupun sebagai lampiran dalam email.

Apabila Anda melakukan upgrade aplikasi ke akun premium, maka secara otomatis Anda dapat menikmati fitur lain seperti ekstraksi gambar dari teks, berkolaborasi dengan teman-teman, membuat folder dalam jumlah tidak terbatas, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Worth it bukan?

4. Unduh Aplikasi Tiny Scanner

Tiny Scanner-Aplikasi Scan Dokumen

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melakukan scan dokumen dengan HP adalah Tiny Scanner.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store yang ada di smartphone Anda.

Cara yang dapat dilakukan untuk melakukan scan dokumen menggunakan Tiny Scanner yaitu buka aplikasi, kemudian pilih salah satu ikon pada bagian bawah, yaitu ikon “Photo” atau ikon “Gallery”.

Apabila ingin memilih foto langsung, Anda hanya perlu memilih ikon foto pada sebelah kiri menu halaman aplikasi.

Namun jika ingin mengambil foto dari galeri, maka yang perlu Anda lakukan adalah memilih ikon galeri di sebelah kanan menu halaman aplikasi.