Cara Scan Dokumen Menggunakan HP

Cara yang dapat dilakukan adalah membuka widget ponsel maupun tablet Android, lalu temukan widgetDrive Scan”.

Setelah itu, sentuh dan tahan widget sembari menyeretnya ke layar utama dan kemudian Anda akan diminta untuk memilih akun apabila terdapat lebih dari satu akun Google yang tertanam pada ponsel maupun tablet.

Lalu, pilih folder tempat Anda biasa menyimpan dokumen dan jika ingin membuat dokumen baru, maka pilih “Folder Baru (New Folder)” dan jangan lupa memberikan nama pada folder tersebut.

Dengan penggunaan Google Drive, Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi lain atau melakukan pembelian aplikasi scanner untuk memindai dokumen pada HP dan lebih dapat menghemat penyimpanan yang dimiliki perangkat.

2. Menggunakan IOS

IOS-Scan Dokumen

Pengguna iPhone juga tidak perlu repot untuk melakukan pemindaian dokumen menggunakan aplikasi scanner dan harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Jika Anda merupakan pengguna iPhone, Anda hanya perlu memanfaatkan IOS.

Namun pemindaian dokumen hanya dapat dilakukan oleh iOS 11, sehingga Anda harus melakukan pembaharuan IOS terlebih dahulu.

Setelah itu, cara yang dapat dilakukan untuk memindai dokumen adalah membuka Notes pada HP, kemudian ketuk ikon kotak dengan pensil di dalamnya untuk membuat catatan baru.

Lalu, ketuk lingkaran dengan tanda (+) yang berada di dalamnya dan tunggu beberapa saat hingga muncul menu di atas keyboard.

Apabila menu telah muncul di atas keyboard, silakan pilih kembali lingkaran dengan tanda (+) yang berada di dalamnya.

Pilihlah “Scan Documents” dan posisikan kamera HP Anda di atas dokumen yang akan dipindai.

Notes akan secara otomatis fokus dan mengambil gambar pada dokumen, lalu Anda dapat mengontrolnya dengan mengetuk tombol rana sendiri.

Setelah pemindaian atau scan halaman selesai, Anda dapat meninjau daftar dokumen di dalam Notes.

Jika perlu melakukan koreksi seperti memotong gambar, memutar gambar, maupun hal lain cukup ketuk gambar halaman yang ingin dilakukan pengaturan dan secara langsung akan membuka halaman sebelumnya dengan opsi pengeditan ditampilkan.

Ketika telah selesai melakukan koreksi, ketuk “Selesai (Done)” pada sudut kiri atas untuk menyimpan dokumen yang sudah selesai di koreksi.