Begini Cara Update Android

Kemudian cari fitur software update yang berada pada smartphone Anda, bila tidak ada maka klik pilihan “Tentang ponsel (About phone)” terlebuh dahulu kemudian cari software update.

Setelah itu, pilih tulisan “Software Update (Pembaruan Perangkat Lunak)” atau “System Firmware Update” yang sesuai dengan Android pengguna.

Lalu klik install manual dan perangkat secara otomatis akan melakukan proses download dan instalasi sistem terbaru.

Yang terakhir adalah tunggu hingga proses instalasi selesai dan beberapa perangkat Android akan otomatis melakukan restart dengan sendirinya setelah selesai.

Namun, apabila tidak melakukan restart secara otomatis maka pengguna dapat melakukannya secara manual agar sistem operasi (OS) berjalan baik.

2. Cara Update dengan PC

Update Android dengan PC

Langkah lain yang dapat dilakukan untuk update Android adalah melalui PC atau laptop.

Meski hanya beberapa orang yang melakukannya dengan cara ini, namun ini juga patut untuk dicoba bagi beberapa Android tertentu.

Cara yang dapat dilakukan adalah membuka website resmi dari produsen perangkat Android yang dimiliki.

Kemudian klik “support” atau “halaman dukungan”, serta halaman download.

Pada halaman tersebut, pengguna mungkin diharuskan untuk mengisi informasi perangkat tertentu maupun mendaftarkan smartphone yang dimiliki terlebih dahulu untuk mengakses pembaruan sistem operasi (OS) terbaru.

Setelah itu di halaman download, install softwaredevice management” dan hal yang perlu diperhatikan adalah nama dan fungsi perangkat bervariasi tergantung dengan produsen masing-masing.

Sebagai contoh perangkat lunak pada Samsung disebut dengan “Kies”, Motorola disebut “MDM”, dan lain sebagainya.

Pada situs resmi produsen Android, cari pembaruan yang tersedia dan file pembaruan dapat di-download menggunakan softwaredevice management” lalu pilih perintah “update”.

Biasanya perintah “update” terletak pada bagian tab atau menu drop-down di bagian atas, kemudian klik perintah update tersebut.

Apabila sudah diklik, proses update akan dimulai dan selanjutnya ikuti saja petunjuk yang berada di layar hingga proses selesai.

3. Cara Update dengan Flash Firmware

Firmware-Update Android

Langkah Flash Firmware diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki Android dalam keadaan root.