Aplikasi Untuk Bisnis Di Saat Kerja Dari Rumah

Diposting pada

Untuk melancarkan bisnis online makanan, pemilik bisnis bisa menggunakan layanan GoBiz dan GrabFood.

Sedangkan untuk jasa, banyak yang memanfaatkan layanan dari OLX.

5. Aplikasi Dompet Digital

Aplikasi Dompet Digital

Dengan banyaknya bisnis yang bertransformasi ke dunia online, maka pembayaran digital adalah hal yang sangat diperlukan.

Meskipun pembayaran menggunakan uang cash masih banyak digunakan untuk transaksi online, tetapi banyak pelanggan yang beralih menggunakan uang digital untuk memudahkan transaksinya.

Aplikasi dompet online yang banyak digunakan masyarakat, seperti GoPay, Ovo, Dana, ShopeePay, LinkAja, sebaiknya digunakan untuk memperlancar jalannya bisnis.

Cukup menggunakan satu atau dua aplikasi sebagai pilihan untuk konsumen.

6. Aplikasi Pembukuan

Aplikasi Pembukuan-BukuKas

Untuk membantu memperlancar pencatatan keuangan bisnis, sebaiknya menggunakan aplikasi pembukuan yang banyak tersedia di internet.

Dengan memanfaatkan aplikasi pembukuan, keuntungan maupun kerugian dapat ditelusuri dengan lebih mudah.

Menggunakan aplikasi pembukuan juga menjadi lebih efisien, terutama untuk usaha yang skalanya masih mikro atau baru memulai.

Sebelum bisa mempekerjakan karyawan khusus untuk mengelola akuntansi perusahaan, bisa memanfaatkan layanan pembukuan online.

7. Canva

Canva-Aplikasi Untuk Bisnis

Meskipun lebih dikenal sebagai aplikasi untuk desain online, Canva memiliki banyak fungsi di dalam bisnis.

Salah satu fungsi yang banyak bermanfaat adalah untuk pengisi konten dalam sosial media untuk bisnis atau marketplace.

Menggunakan Canva tidak membutuhkan keahlian khusus desain, sehingga bisa digunakan pemilik bisnis atau karyawannya dengan mudah.

Dari membuat konten untuk produk hingga mempromosikan merk, bisa menggunakan fitur dari Canva.

 

Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk memperlancar jalannya bisnis, tergantung dengan jenis bisnisnya.

Misalnya untuk pemilik usaha di bidang wisata, bisa menggunakan aplikasi seperti Traveloka, Tiket dan sejenisnya untuk menjangkau konsumen lebih banyak.

Yang terpenting adalah mengetahui tren dalam dunia teknologi informasi yang ada di masyarakat, sehingga bisa menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.