Apa Itu Intel Xeon?

Posted on

Prosesor jenis ini menggunakan bus yang memiliki kecepatan 133 MHz dengan cache level 2 on die sebesar 2048 KB, yang kemudian disebut sebagai Cascades 2 MB.

Sedangkan Intel Xeon basis Intel NetBust Microarchitecture terdapat berbagai jenis yakni 32 bit, 64 bit dan Dual Core.

Intel Xeon 32 bit terdiri dari prosesor Foster, Prestonia, dan Gallatin dengan cache level dan kinerja yang berbeda-beda.

Untuk Intel Xeon 64 bit terdiri dari prosesor Nocona, Irwindale, Cranford, dan Potomac dengan cache level serta kinerja teknologi yang berbeda-beda.

Setelah itu, tanggal 10 Oktober dirilis jenis baru yakni Intel Dual Core dengan prosesor Paxville DP, Paxville MP, Sossaman, Dempsey, dan Tulsa dengan kecepatan front side bus, cache level, dan kinerja teknologi yang berbeda-beda.

Pada 26 Juni 2006, Intel Xeon kembali merilis dual core terbaru yakni dengan basis Inter Core Microarchitecture dengan sebutan Woodcrest.

Woodcrest memiliki kecepatan front side bus seebesar 1333 MHz dengan kecepatan tercepat prosesor adalah 3000 MHz.

Seluruh Woodcrest menggunakan socket LGA 77 dengan Thermal Design Power 65 Watt dan 4096 KB cache level.

Tidak hanya itu, seluruh Woodcrest mendukung arsitektur x86-64 (EM64T), teknologi virtualisasi, dan XD bit dengan fitur demand based switching.

Jumlah core yang besar dengan fungsi Ram yang canggih, membuat Intel Xeon memiliki daya dan pemrosesan yang cocok menangani aplikasi kreatif dan intensif.

Misalnya, mendesain dengan aplikasi CAD, pengeditan video 4K, hingga rendering 3D.

Pada intinya, prosesor jenis Intel Xeon memiliki kemampuan sangat baik dengan berbagai fitur dan processing power yang dibutuhkan laptop atau komputer jenis workstation maupun server.

 

Menarik bukan ulasan mengenai prosesor jenis ini?

Setelah mengenal Intel Xeon Prosesor lebih jauh, Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya sebagai pembantu tugas keseharian tanpa harus menghabiskan waktu untuk merakit PC.