Android (Sistem Operasi): Pengertian, Sejarah, dan Nama Versi

Diposting pada

6. Android vs iOS

Apple memang yang pertama kali mempopulerkan smartphone layar sentuh. Dimulai saat iPhone pertama dikeluarkan tahun 2007, iPhone langsung menguasai pasar smartphone. Hal ini karena desainnya yang berbeda dan menarik, serta pada saat itu belum ada smartphone yang secanggih iPhone.

Namun, pada tahun 2010 android mengambil alih dan menguasai pasar smartphone hingga sekarang. Dengan begini masa iPhone menguasai pasar terbilang pendek, hanya 3 tahun yaitu dari tahun 2007 sampai tahun 2009. Alasan terbesar mengapa iPhone ataupun iPad bisa kalah yaitu masalah harga yang terlalu tinggi sehingga tidak menjangkau pasar di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Sedangkan OS ini karena merupakan sistem operasi yang open source memungkinkan untuk pada produsen bersaing dan berlomba untuk menciptakan smartphone terbaik mereka. Hal ini menjadi alasan banyak smartphone android dengan harga murah namun dengan teknologi dengan sangat cangih.

Smartphone OS tersebut juga tersedia dalam berbagai kelas harga, mulai dari harga 1 juta rupiah sampai yang lebih mahal dari iPhone untuk kelas premiumnya. Sehingga smartphone dengan sistem operasi ini dapat menjangkau semua kelas ekonomi.

Dewasa ini, OS Android diperkirakan akan terus berkembang dan mendominasi pasaran karena saat ini belum ada pesaing yang mampu mengalahkan pangsa pasarnya. Apakah Anda juga menggunakan sistem operasi ini? Setujukah dengan uraian di atas? Terimakasih sudah membaca!