Android (Sistem Operasi): Pengertian, Sejarah, dan Nama Versi

Diposting pada

3.16 Android 9.0 Pie

Versi terbaru ini dirilis pada tanggal 6 Agustus 2018. OS ini dirilis untuk smartphone google pixel dan dikembangkan untuk jenis smartphone yang mempunyai desain bazel less atau layar minim bingkai.

Terdapat pula fitur Adaptive Brightness di mana layar dapat  beradaptasi secara otomatis dengan cahaya dengan menurunkan atau menaikkan kecerahan layar.

Terdapat fitur tambahan berupa Edge to edge screens yang mendukung pada ponsel layar 18:9. Pada versi OS ini terdapat fitur privasi, peningkatan performa, serta penghematan baterai secara optimal.

4. Kelebihan dan kekurangan

4.1 Kelebihan

Sebagai OS yang paling banyak digunakan, tentunya mempunyai banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihannya:

4.1.1 User Friendly

Sistem operasi ini termasuk mudah untuk digunakan yang tidak membutuhkan waktu lama untuk terbiasa, sekalipun bagi pengguna baru.

4.1.2 Notifikasi

Notifikasi tersedia untuk semua akun yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan. Agar mendapatkannya, cukup mengatur akun yang sudah dimiliki seperti Email, SMS, Vice Dial, dan akun media sosial lainnya.

4.1.3 Tampilan

Tampilannya yang menarik dan terus mengalami peningkatan di setiap versinya. Tampilannya pun tidak kalah menarik dengan iOS.

4.1.4 Open Source

Android berbasis kernel linux dan dibuat dengan konsep open source, yang dengan konsep ini pengguna dapat bebas mengembangkan sistem OS versi miliknya.

4.1.5 Aplikasi

Sistem operasi ini menyuguhkan jutaan aplikasi yang menarik baik yang penggunaannya gratis maupun berbayar. Anda dapat mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan di Google Play Store.

4.2 Kekurangan

Terlepas dari kelebihan OS ini, tentunya sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangannya:

4.2.1 Perbaruan Sistem atau Update System

Sistem android selalu mengalami peningkatan versi sehingga perlu pembaruan sistem yang tidaklah mudah. Apabila smartphone yang kita gunakan merupakan smartphone versi lama maka sistem operasi ini yang terbaru tidak akan tersedia pada smartphone dan tidak dapat diperbarui sehingga harus membeli smartphone baru untuk mendapatkan versi terbarunya.

4.2.2 Baterai Cepat Habis

Hampir semua aktivitas pada smartphone memerlukan akses internet. Seringnya menghidupkan paket data dan menggunakan beberapa aplikasi serta widget yang banyak dapat menyebabkan cepat habisnya baterai smartphone. Mengurangi aktivitas pada smartphone Anda merupakan cara untuk mengatasi hal tersebut.

4.2.3 Lemot

Pemakaian aplikasi tertentu yang tidak sesuai dengan versinya yang digunakan karena RAM/Processor yang kurang memadai dapat menyebabkan melambatnya kinerja smartphone.

5. Lisensi

Sebagian besar kodenya (termasuk juga kode jaringan dan telepon) diterbitkan Google di bawah naungan Lisensi Apache versi 2.0. Sisanya, kode untuk perubahan kernel Linux diterbitkan di bawah naungan General Public License (GNU) versi 2. Open Handset Alliance mengembangkan transformasi kernel Linux dengan open source code yang setiap saat dipublikasikan. Selebihnya, Android dikembangkan oleh Google secara pribadi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Android merupakan sistem operasi yang open source. Software open source memungkinkan penggunanya ikut andil berkolaborasi menciptakan software yang lebih baik. Bahkan, kita bisa mendownload seluruh source code, dapat mempelajari bagaimana OS ini bekerja, dan yang paling penting kita dapat menggunakannya untuk kebutuhan apapun secara gratis.