Android (Sistem Operasi): Pengertian, Sejarah, dan Nama Versi

Diposting pada

3.7 Android 2.3 Gingerbread

Versi ini dirilis pada tanggal 6 Desember 2010 lalu. Transformasi versi ini di antaranya peningkatan performa dalam gaming, penambahan Near Field Communication (NFC), peningkatan fungsi copy paste, desain ulang User Interface, penambahan efek audio baru (equalization, reverb, bass boost, dan headphone virtualization), mendukung pemutaran video dengan format WebM dan VP8, serta pemasangan kamera yang berjumlah lebih dari satu.

3.8 Android 3.0 – 3.1 Honeycomb

Versi ini khusus dirancang pada tablet. Pada versi ini ukurannya lebih besar sehingga User Interfacenya didesain khusus untuk tablet. Selain itu, juga mendukung akselerasi hardware untuk grafis dan multiprosesor. Motorola Xoom merupakan tablet pertama yang menggunakan versi ini.

3.9 Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich

Dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011, versi ini memiliki fitur terbarukan seperti terintegrasinya kontak jaringan sosial, pembukaan kunci dengan fitur pengenalan wajah penggunanya, mencari email secara offline, jaringan data control dan pemantauan penggunaan, fitur fotografi, dan NFC yang digunakan untuk berbagi informasi.

3.10 Android 4.1-4.3 Jelly Bean

Penambahan fitur versi ini di antaranya proyek butter seperti peningkatan frame rate dan juga triple buffering pada grafis. Selain itu versi ini juga memiliki kemampuan menambahkan widget yang dapat diatur ukurannya dan disusun ulang sesuai selera Anda.

3.11 Android 4.4 Kitkat

Beberapa peningkatan pada versi ini seperti fitur infrared, tombol software, dan status bar dapat diakses di tepi dengan cara menggeseknya, pembaruan antarmuka dengan status bar dan navigasi transparan pada layar depan, pembaruan display dengan mode layar penuh, optimasi kinerja pada perangkat dengan spesifikasi rendah, serta dukungan widget layar kunci.

3.12 Android 5.0 Lollipop (API level 21)

Peningkatan pada versi ini adalah daya baterai yang lebih lama karena terdapat project volta. Versi ini juga sudah memiliki Bluetooth Low Energy (BLE) sehingga dapat menghemat daya ketika pengiriman file. Dilengkapinya Factory reset protection yang dapat digunakan ketika  smartphone hilang, fitur ini tidak bisa mereset ulang smartphone tanpa memasukkan google id dan password pemiliknya.

3.13 Android 6.0 Marshmallow

Pada versi ini dilengkapi dengan fitur Doze, yaitu dapat menghemat daya baterai sebesar 25% hingga 40%, pengenalan sidik jari, dan juga android Pay.

3.14 Android 7.0 Nougat

Versi ini dirilis pada bulan Desember 2016. Fitur baru dari OS ini antara lain peringatan penggunaan baterai, mode VR Daydream, dan manajer penyimpanan manual.

3.15 Android 8.0 Oreo

Versi ini dirilis sebagai preview pengembang pada tanggal 21 Maret 2017 dan bisa dirilis secara stabil pada Agustus atau September 2017 lalu. Fitur tambahan yang terdapat dalam versi yaitu dukungan codec Sony LDAC, unicode 10.0 emoji dan pendesaian ulang pada layar kunci maupun aplikasi pengaturan.